Cash Transfer dan Penurunan Harga BBM Dapat Tingkatkan Daya Beli

Cakrawala Lampung (CL) - Perekonomian nasional saat ini dalam kondisi lemah. Daya beli masyarakat terus menurun. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, di antaranya fundamental ekonomi nasional dan pengaruh ketidakstabilan ekonomi dunia.

Pada Muswil ke-4 PKS Lampung, Minggu (4/10), Presiden PKS H.M. Shohibul Iman, Ph.D. menjelaskan, ada dua pendekatan yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat, yaitu cash transfer atau bantuan langsung kepada masyrakat dan penurunan harga BBM.

Shohibul Iman menjelaskan, rendahnya daya beli diakibatkan oleh kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. Salah satunya BBM. Berdasarkan kalkulasi yang dilakukan LPEM UI (Lembaga Penyelidikan Masyarakat Universitas Indonesia), penurunan harga BBM sebesar 5% akan meningkatkan daya beli 165 ribu masyarakat miskin.

"Jika bisa kita turunkan 10% maka akan semakin banyak yang terbantu. Pada paket kebijakan ekonomi ke tiga yang akan diumumkan presiden nanti, penurunan harga BBM menjadi salah satu kebijakan yang akan dilakukan pemerintah," ujar Shohibul Iman. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed