KPU BANDARLAMPUNG OPTIMISTIS MENANGKAN GUGATAN DI PTUN MEDAN

Cakrawala Lampung (CL) – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Selasa (6/10) menggelar sidang gugatan pasangan calon walikota Bandarlampung Thobroni Harun – Komarunizar. Sidang yang digelar sekitar pukul 09.00 WIB itu dengan agenda mendengarkan gugatan dan jawaban dari tergugat.

Kuasa hukum KPU Bandarlampung Frans Handrajadi saat dihubungi mengatakan, sidang gugatan ini lantaran pasangan calon Thobroni Harun – Komarunizar menggugat KPU karena meloloskan dan menetapkan pasangan calon walikota Bandarlampung Herman HN – M. Yusuf Kohar sebagai calon walikota Bandarlampung.

“Dasar gugatan itu yakni, karena KPU menetapkan Herman HN sebagai calon setelah melakukan rolling jabatan enam bulan sebelum habis akhir masa jabatan (AMJ),” kata dia, Selasa (6/10).

Dia menjelaskan, penetapan Herman HN sebagai calon itu sudah sesuai peraturan dan perundang – undangan yang berlaku. Dan tidak ada keberatan dari panwaslu Bandarlampung. selain itu, bukti – bukti juga sudah disampaikan KPU di dalam persidangan.

“Sidang dilanjutkan Kamis (8/10) dengan agenda keterangan saksi dari penggugat dan tergugat. Dari KPU yang hadir di persidangan yakni Komisioner KPU Fery Triatmojo dan Sekretaris Zainudin. Sedangkan dari penggugat yang hadir kuasa hukumnya,” ujar dia.

Sementara menurut anggota panwaslu Bandarlampung bidang pengawasan Nur Rakhman Yusuf, apa yang disidangkan di PTUN itu sebelumnya sudah diputuskan di panwaslu Bandarlampung.

“Kita sudah memutuskan atas permasalahan yang sama. Dan berdasarkan kajian panwaslu hal itu tidak melanggar aturan. Kita memaknainya secara konfrehensif,” kata Nur Rakhman Yusuf.

Dia menambahkan, apa yang dilakukan Herman HN itu tidak melanggar aturan karena rolling dilakukan sebelum ditetapkan sebagai calon kepala daerah (calon kada).

“Jika sudah ditetapkan sebagai calon terus melakukan rolling itu baru melanggar. Tapi ini kan roolingnya sebelum ditetapkan sebagai calon,” imbuhnya. (ben)
Share:

Politik

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog