Perda Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin Disahkan DPRD Lampung

Cakrawala Lampung (CL) - Sempat tertunda, akhirnya DPRD Lampung mengesahkan Raperda bantuan hukum untuk masyarakat miskin menjad peraturan daerah (perda). Pengesahan ini disampaikan dalam paripurna yang digelar di DPRD Lampung, Senin (19/10).

"Ya, perdanya sudah kita sahkan. Kita akan membantu masyarakat miskin dalam hal bantuan hukum," kata Wakil Ketua DPRD Lampung Toto Herwantoko kepada cakrawalalampung.com, Senin (19/10).

Sementara Kepala Divisi Ekonomi, Sosial dan Budaya LBH Bandar Lampung Chandra Muliawan mengapresiasi DPRD Lampung yang telah mengesahkan Perda bantuan hukum untuk masyarakat miskin.

"LBH Bandar Lampung akan mengawal sampai dengan operasional Perda bantuan hukum tersebut agar efektif dan tepat sasaran," kata dia.

Hal ini juga, lanjutnya, agar Perda ini tidak disalahgunakan oleh orang atau lembaga yang tidak bertanggung jawab dalam kerangka pemenuhan hak atas bantuan hukum bagi masyarakat miskin di Provinsi Lampung.

Kemudian, ujar dia, terhadap peraturan pelaksana dalam bentuk Pergub dan keputusan gubernur, agar segera di laksanakan sebagai komitmen dalam penghormatan, pengakuan dan pemenuhan HAM khusus hak atas bantuan hukum di Provinsi Lampung. Karena dalam Perda tersebut, untuk verifikasi lembaga yang dapat memberikan bantuan hukum dilakukan gubernur melalui biro hukum dengan melibatkan perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan organisasi bantuan hukum yang telah lulus verifikasi BPHN Kementerian Hukum dan HAM. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed