Langsung ke konten utama

ADVERTORIAL RAPERDA 2016

KEPUTUSAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KOTA BANDARLAMPUNG
NOMOR: 21/DPRD-BL/2015
TENTANG
PROGRAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH
KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN 2016
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KOTA BANDARLAMPUNG

Menimbang : Bahwa dengan telah disetujuinya program pembentukan peraturan daerah Kota Bandarlampung tahun 2016, maka perlu ditetapkan dengan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandarlampung.

Mengingat :
1.Undang – Undang nomor 28 tahun 1959 tentang penetapan undang – undang nomor 4 tahun 1956 (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1956 nomor 55)
2.Undang – Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2014 nomor 244 Tambahan Lembaran Negara Nomor 5587)
3.Undang – Undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2004 nomor 53 Tambahan Lembaran Negara nomor 4389)
4.Peraturan pemerintah nomor 3 tahun 1982 tentang perubahan batas wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Tanjungkarang – Telukbetung (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1982 nomor 6, tambahan lembaran negara nomor 3213)
5.Peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1983 tentang perubahan batas wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Tanjungkarang – Telukbetung (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1983 nomor 30, tambahan lembaran negara nomor 3254)
6.Peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang peraturan tata tertib DPRD (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2010 nomor 22, tambahan lembaran negara nomor 441)
7.Keputusan gubernur Lampung nomor :G/599/B.II/HK/2014 tentang peresmian keanggotaan anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung masa keanggotaan 2014 – 2019 dan peresmian pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung hasil pemilihan umum tahun 2009.
8.Keputusan gubernur Lampung nomor G/729/B.II/HK/2014 Keputusan gubernur Lampung nomor :G/599/B.II/HK/2014 tentang peresmian keanggotaan anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung masa keanggotaan 2014 – 2019.
9.Peraturan dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung nomor 2 tahun 2014 tentang peraturan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung.

Memperhatikan : Persetujuan anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kota Bandarlampung pada rapat paripurna tanggal 28 September 2015.

MEMUTUSKAN

Menetapkan:

Kesatu : Program pembentukan peraturan daerah Kota Bandarlampung tahun 2016 sebagaimana terlampir.

Kedua : Dalam program pembentukan peraturan daerah Kota Bandarlampung tahun 2016, memuat daftar kumulatif terbuka yaitu pengajuan raperda diluar program pembentukan peraturan daerah tahun 2016 akibat:
1. Keputusan Mahkamah Agung
2. Pembatalan atau klarifikasi dari menteri dalam negeri atau gubernur
3. Perintah dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi
4. Pembentukan, pemekaran dan penggabungan kecamatan atau nama lainnya.
5. Pembentukan, pemekaran dan penggabungan kelurahan atau nama lainnya.
6. Untuk mengatasi keadaan luar biasa, keadaan konflik atau bencana alam
7. Kerjasama dengan pihak lain
8. Keadaan tertentu lainnya yang memastikan adanya urgensi atas suatu rancangan perda yang dapat disetujui bersama oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Bagian Hukum Pemerintah Kota Bandarlampung.

Ketiga : Laporan badan pembentukan peraturan daerah tentang penyusunan program pembentukan peraturan daerah tahun 2016 yang disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandarlampung tanggal 28 September 2015 merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari keputusan ini.
Keempat : Keputusan ini mulai berlakuk sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

A. Raperda Usul Inisiatif DPRD
1. Raperda tentang kawasan tanpa rokok
2. Raperda tentang penyakit menular
3. Raperda tentang perubahan perda nomor 08 tahun 2000 tentang penyelenggaraan kepariwisataan
4. Raperda tentang pola angkutan umum dalam kota
5. Raperda tentang penataan menara telekomunikasi kota Bandarlampung
6. Raperda tentang pendirian PD Pasar
7. Raperda tentang pengelolaan taman pemakaman dan lampu jalan
8. Raperda tentang pemberantasan buta huruf al-quran

B. Raperda Usul Pemerintah Kota Bandarlampung
1. Raperda tentang APBD tahun anggaran 2017
2. Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2016
3. Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015
4. Raperda tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
5. Raperda tentang rencana pembangunan jangka menengah (RPJM).


Ditetapkan di Bandarlampung
Pada tanggal 28 September 2015
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KOTA BANDARLAMPUNG
KETUA
Dto
HI. Wiyadi, SP

Postingan populer dari blog ini

Dinamika dan Tantangan Demokrasi di Indonesia Harus Dikelola dengan Baik

setialampung - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, rabu (4/7/2018), memberi ceramah di hadapan para perwira TNI di Sekolah  Staf Komando TNI (Sesko TNI) di Bandung, Jawa Barat. Dalam ceramahnya, mantan sekretaris jenderal PDIP itu banyak mengulas soal dinamika dan tantangan demokrasi di tanah air.


Menurut Tjahjo, dalam setiap pelaksanaan demokrasi di mana juga, termasuk di Indonesia, pasti ada dinamikanya. Dinamika demokrasi mulai terasa ketika tibanya tahapan kontestasi politik. Dinamika paling terasa menguat ketika dimulainya tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 2014.

"Dinamika politik juga terasa ketika penyusunan untuk regulasi pilkada dimulai," kata Tjahjo.


Tjahjo memahami, dinamika terasa karena setiap partai berkepentingan terhadap kontestasi politik yang akan digelar. Tentu, ada tarik menarik kepentingan. Namun itu semua, demi untuk membangun sistem demokrasi di Indonesia. Tahun 2015, Indonesia berhasil menggelar hajatan pilkada serentak tahap pert…

Berikut Pidato Lengkap Presiden Joko Widodo

setialampung.co.id - MPR RI resmi melantik Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden masa jabatan 2019 - 2024, minggu (20/10).

Usai dilantik, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya. Berikut pidato lengkap Presiden Joko Widodo.


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Yang saya hormati para pimpinan dan seluruh anggota MPR, Yang saya hormati Bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, Yang saya hormati Ibu Megawati Soekarnoputeri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, Yang saya hormati Bapak Prof. Dr. Soesilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. Boediono, Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia, Bapak Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke- 12 Republik Indonesia.

Yang saya muliakan kepala negara dan pemerintahan serta utusan …

Imbauan Kapolda Lampung, Irjen Purwadi Arianto

setialampung.co.id - Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019 - 2024 yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2019, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto mengimbau kepada semua masyarakat dan semua elemen agar mengikuti apa yang telah menjadi aturan. Sehingga pelaksanaan kegiatan pelantikan presiden dan wakil presiden berlangsung aman dan terkendali.

"Semua ini (pelantikan presiden) adalah kemenangan masyarakat Indonesia. Ini adalah anugerah buat Bangsa Indonesia. Untuk itu saya mengimbau kepada semua pihak agar semua situasi berjalan kondusif, aman dan terkendali. Silakan menyampaikan pendapat dengan santun dan sopan," ujarnya.

Purwadi juga menutukan, pihaknya menempatkan personil secukupnya. Diantaranya seperti di lokasi penyeberangan menuju pulau Jawa yaitu di Bakauheni, Lampung Selatan.

"Memang ada indikasi pemberangkatan massa tapi tidak terlalu banyak. Bagi pendukung yang lagi bersuka ria, agar penyampaiannya tidak mengganggu yang lainnya,"…