Yusdianto Imbau KPU Lamtim Jangan Bermain di Area Abu - Abu

BANDARLAMPUNG (CL) – Akademisi Universitas Lampung Yusdianto mengatakan, KPU Lampung Timur (Lamtim) diimbau untuk tidak bersikap abu – abu di dalam mengambil keputusan terkait kepastian pencalonan Erwin Arifin sebagai calon bupati Lamtim.
Kendati demikian, menurut Yusdianto, KPU belum mengambil keputusan kemungkinan karena ada beberapa pertimbangan. Salah satunya diperkirakan saat ini masih dalam suasana berduka.

“Tapi mengingat masa kampanye sekitar 30 hari lagi, KPU sebagai pelaksana dan panwaslu sebagai pengawas harus mengambil langkah – langkah strategis. Jika berlarut – larut akan menyebabkan ketidakpastian. Langkah - langkah strategis itu seperti berkoordinasi dengan KPU provinsi dan pusat apakah Erwin akan dianulir pencalonannya atau tidak,” kata Yusdianto, Jumat (6/11).

Ditambahkannya, KPU Lamtim juga diminta segera berkomunikasi dengan Erwin Arifin dan partai politik pengusung atau pendukungnya sehingga ada kepastian hukum yang jelas.

“KPU tidak boleh mengambil keputusan yang gegabah dan segera membuat keputusan hukum yang jelas. Sehingga tidak menimbulkan tanda tanya. Jangan sampai KPU bermain di area abu – abu. KPU harus berkomunikasi dengan KPU provinsi dan pusat,” ujarnya.

Ketua KPU Lamtim Andri Oktavia ketika dihubungi, Jumat (6/11) menuturkan, sampai saat ini pihaknya belum mengambil keputusan karena tidak ingin salah dalam mengambil keputusan.

“Bukannya KPU galau atau gamang. Karena ada potensi digugat jika KPU salah dalam mengambil keputusan. Apalagi sekarang kita masih mengikuti rapat koordinasi dengan KPU Provinsi Lampung,” tandasnya.

Saat ditanya apakah KPU mengetahui rincian hasil kesehatan calon kada, Andri mengutarakan, KPU hanya menerima surat keterangan dari tim kesehatan yang mengatakan bahwa calon dinyatakan lolos tes kesehatan.

“Kita hanya terima surat rekomendasi dari IDI yang menyatakan calon direkomendasikan lolos seleksi kesehatan. Jadi tidak ada riwayat hasil pemeriksaan kesehatannya,” ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed