Berikut Kasus yang Diduga Melibatkan Oknum Wartawan dan LSM

setialampung.com - Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung Yoso Muliawan dalam siaran persnya, Senin (1/2) mengungkapkan beberapa kasus yang diduga melibatkan oknum wartawan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang “nakal”.

Yoso Muliawan mengungkapkan, terakhir mencuat kasus yang diduga melibatkan oknum wartawan dan LSM yang terjadi di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah. Dimana puluhan kepala sekolah mengajukan pengunduran diri lantaran diduga diintimidasi dan diperas oleh oknum wartawan dan LSM terkait dana bantuan operasional sekolah (BOS).
“Kasus ini untuk kesekian kalinya terjadi di Lampung. Berdasarkan data AJI Bandarlampung, dalam satu tahun terakhir ini, ada empat kasus serupa yang terungkap dan masuk ke ranah hukum,” kata Yoso.

Kemudian, lanjutnya, kasus pemerasan terhadap kelompok tani (poktan) yang diduga dilakukan seseorang yang mengaku wartawan yang terjadi di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan pada awal Januari 2015 lalu.

“Oknum wartawan itu meminta uang sebesar Rp200 juta kepada poktan yang dituding telah melakukan penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Oknum wartawan tersebut akhirnya di vonis pidana penjara selama 2 tahun 20 bulan pada Maret 2015,” ujarnya.

Lalu, kasus pemerasan yang diduga dilakukan tiga orang yang mengatasnamakan wartawan terhadap kepsek salah satu SD di Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan pada Juni 2015. Ketiganya sempat diamankan polisi walaupun akhirnya dilepaskan.

Selanjutnya kasus penipuan terhadap kepala kampung Lambu Kibang, Tulangbawang Barat yang diduga melibatkan sembilan orang yang mengaku sebagai wartawan.

“Ada juga kasus yang diduga melibatkan dua orang oknum wartawan yang meminta uang kepada kepsek di Padang Ratu, Lampung Tengah. Keduanya bahkan membawa kabur sepeda motor kepsek yang di dalamnya ada uang Rp4 juta,” pungkasnya. (*/ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog