AJI Indonesia mendorong penghapusan APBD untuk media lokal

setialampung.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mendorong
penghapusan APBD untuk media lokal dan wartawan. Ini sudah dilakukan di Jawa Tengah dan kabupaten Batang beberapa kabupaten/kota lainnya.

Hal ini disampaikan Ketua Umum AJI Indonesia Suwarjono disela - sela konferensi kota VII AJI Bandarlampung yang dilaksanakan di gedung PKBI, Sabtu (30/4).

"Masak media didirikan untuk menampung iklan dari pemda. Penghapusan APBD untuk media lokal ini bertujuan untuk menjaga independensi media," tegasnya.

Suwarjono mengatakan, harus diakui banyak media lokal di daerah saat ini secara bisnis tidak sehat. Karena sebagian besar media saat ini menggantungkan hidup dari iklan kerjasama dengan pemerintah daerah.
"Parahnya lagi terkadang ditemukan iklan dalam bentuk berita dan tidak dituliskan advertorial. Dan ini tidak benar. Yang murni bisnis tidak ada kerjasama dengan media sangat sedikit," tegasnya.
 
Semestinya, kata Suwarjono, untuk pemuatan advertorial diberikan notifikasi yang jelas yakni berupa tulisan yang menjelaskan hal tersebut merupakan bentuk kerjasama antara media dengan pemda atau pihak lainnya.

"Sehingga masyarakat yang membaca jelas mengetahui mana yang berita dan mana yang berbentuk iklan atau advertorial," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog