Dinilai lebih banyak merugikan, Walhi minta Pemkot Bandarlampug tidak keluarkan izin reklamasi pantai

setialampung.com - Pemerintah kota Bandarlampung diminta untuk tidak mengeluarkan izin reklamasi pantai. Karena reklamasi pantai dinilai lebih banyak merugikan masyarakat atau nelayan setempat.

Hal ini ditegaskan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung, Hendrawan di DPRD Lampung, Selasa (19/4).

Selain lebih banyak mendatangkan kerugian, Hendrawan menegaskan, reklamasi pantai saat ini belum ada dasar hukumnya. Dan lebih banyak menguntungkan pemilik modal.

"Reklamasi pantai juga akan membawa dampak buruk. Diantaranya bisa menghilangkan akses publik, menambah kerusakan di wilayah pesisir, mengurangi nilai tangkapan nelayan dan menyebabkan tingkat pencemaran lingkungannya tinggi," tegasnya.

Semestinya, lanjut Hendrawan, semestinya pemerintah kota Bandarlampung terlebih dahulu harus memiliki masterplan perencanaan penataan pesisir.

"Pemerintah kota juga seharusnya terlebih dahulu menetapkan daerah atau zona industri, pemukiman, konservasi dan zona pariwisata. Mana masterplannya, jangan sporadis," ujarnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog