Eksekutif dan legislatif sepakat raperda pemanfaatan jasa lingkungan air daerah aliran sungai dicabut kembali

setialampung.com - Wakil ketua DPRD Lampug Ismet Roni di ruang kerjanya, Senin (18/4) mengatakan, berdasarkan kesepakatan antara pansus dan eksekutif, maka rancangan peraturan daerah (raperda) pemanfaatan jasa lingkungan air daerah aliran sungai dicabut kembali.

“Berdasarkan kesepakatan, raperda pemanfaatan jasa lingkungan air daerah aliran sungai tidak diteruskan pembahasannya. Karena merupakan raperda luncuran pada tahun 2013. Dan ternyata berdasarkan hasil pembahasan saat itu, raperda ini bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” kata Ismet Roni.

Ismet roni menjelaskan, mengingat raperda tersebut merupakan usulan eksekutif, maka penarikan raperda harus dilampirkan surat dari gubernur dan dibacakan di paripurna.

“Tahapan ini sudah kita lakukan di paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) 2015 gubernur Lampung hari ini, (Senin, 18/4). Sesuai mekanisme dan tata tertib DPRD Lampung pasal 107 huruf a sampai i dikatakan, pencabutan raperda yang sudah masuk di dalam tahap pembahasan harus melalui paripurna,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, setelah penarikan raperda tersebut, pihaknya akan melakukan kajian secara hukum apakah raperda tersebut dibutuhkan masyarakat atau tidak.

“Jika raperda ini dibutuhkan masyarakat, bisa saja raperda ini bisa menjadi raperda usulan legislatif,” imbuhnya.
Wakil ketua DPRD Lampung lainnya Pattimura saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/4) menuturkan, di dalam paripurna LKPJ gubernur tahun 2015 dilaksanakan juga paripurna penarikan raperda tersebut.

“Agar tidak ada permasalahan terhadap payung hukum, disepakati juga untuk menarik kembali raperda tersebut. Karena belum ada dasar hukumnya. Jika sudah ada dasar hukumnya bisa diusulkan kembali. Penarikan raperda juga harus disertai alasan gubernur mengapa menarik raperda yang sudah dibahas tersebut,” jelasnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog