1 April 2016

Komisi I DPRD Bandarlampung Minta Reklamasi Pantai di Way Lunik Dihentikan

setialampung.com - Komisi I DPRD Bandarlampung beserta Asisten I Pemerintah Kota Bandarlampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke area reklamasi pantai yang terletak di RT 04/LK I Kelurahan Way Lunik, Panjang.

Hadir di dalam sidak itu Ketua Komisi I DPRD Bandarlampung Dedi Yuginta beserta anggota komisi I DPRD Bandarlampung Hambali Sanusi, Ernita Sidik, Agus Sujatma, Irpan Setiawan dan Taufiqurahman.

Pemerintah Kota Bandarlampung diwakili Asisten I Deddy Amrullah, Kabid Tata Kota Dekrison. Disaksikan juga ketua RT setempat Dadang Suhanda.

Ketua Komisi I DPRD Bandarlampung Dedi Yuginta pada kesempatan sidak tersebut minta agar reklamasi pantai dihentikan sementara. Karena MoU reklamasi pantai nomor: 074/194/23/2003-02/skl-y/ii/2003 tertanggal 22 Februari 2003 antara PT. SKL dengan pemkot Bandarlampung sudah kadar luarsa dan bertentangan dengan SK walikota no: 31/23/hk/2003 tanggal 24 Februari 2003.

"Kami minta agar proses pengerjaan reklamasi pantai ini dihentikan dulu. Karena izin pengerjaan reklamasi pantainya belum diperpanjang. Selain itu, di dalam MoU tercatat 20 hektar lahan yang harus direklamasi. Tapi baru 8 hektar yang sudah direklamasi," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Asisten I Pemerintah Kota Bandarlampung Deddy Amrullah mengatakan, semestinya setiap hasil reklamasi seluas 5 hektar dalam kurun waktu I tahun dijadikan bahan evaluasi bagi pemkot dalam memberikan izin operasional berikutnya.

"Sampai saat ini tidak ada realisasinya. Jadi untuk apa perizinannya diperpanjang kalau tidak ada sumbangsihnya untuk PAD. Kalau DPRD minta dihentikan dulu sebelum mengurus perpanjangan izinnya, ya harus dihentikan dulu. Perusahaan harus mengurus izin yang baru," tegasnya. (ben)

Label: , ,