Inikah penyebab meningkatnya kejahatan asusila terhadap anak ?

setialampung.com - Direktur Lembaga Advokasi Anak (LAdA) Lampung, Turaihan Aldi kepada setialampung.com, Senin (16/5), mengatakan, penyebab terjadinya kejahatan seksual terhadap anak diantaranya karena minimnya pemahaman soal hak anak. Sehingga memicu terjadinya kejahatan seksual terhadap anak.

"Kejahatan seksual muncul sejak dalam pikiran pelaku kejahatan seks itu sendiri.
Selain itu, UU No 35 tahun 2014 tidak menimbulkan efek jera bagi pelaku dan shock therapy untuk masyarakat. Sehingga kejahatan seks terhadap anak tiap tahun terus meningkat," katanya.

Disamping itu, lanjutnya, kejahatan seks terhadap anak dikarenakan fisik anak yang lemah dan psikologis anak yang rentan membuka kesempatan anak menjadi korban kejahatan seks.

"Untuk mengantisipasinya diantaranya dengan sinkronisasi antar pemerintah dan masyarakat untuk membangun jejaring perlindungan anak dan prempuan. Kemudian materi tentang pendidikan seks dan hak anak dimasukkan di dalam kurikulum nasional. Lalu langkah antisipasi berikutnya adalah penyidik anak di kepolisian, jaksa dan hakim, wajib memahami psikologis anak dan hak anak," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog