Ketua Umum AJI Indonesia Suwarjono dorong agar pemilik media memiliki latar belakang jurnalis

setialampung.com - Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Suwarjono mendorong dan menginisiasi agar kedepan pemilik media memiliki latarbelakang jurnalis.

"Seharusnya pemilik media itu berlatar belakang jurnalis. Ini agar medianya tetap membawa nilai - nilai kepentingan masyarakat dan independen," katanya.

Menurut Suwarjono, hal ini merupakan tantangan bagi jurnalis untuk meningkatkan kapasitasnya. Terutama dalam mengembangkan dan memuat konten lokal di medianya.

"Ada peluang besar yaitu dengan munculnya media berbasis intrernet (online) yang diharapkan berisi konten lokal. Media berbasis online pembacanya sangat besar sekali," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya menginisiasi agar pemilik media berlatar belakang jurnalis salah satunya untuk membatasi pemilik media berasal dari kalangan pengusaha dan politisi.

"Sekarang mayoritas pemilik media berasal dari kalangan politisi dan pengusaha yang memiliki kepentingan politik dan bisnis. Dan ini sangat terasa pada saat pemilu 2014 lalu. Dimana saat itu cukup besar intervensi pemilik media terhadap isi berita. Kita menghadapi ancaman serius atas sikap pemilik media yang melakukan intervensi terhadap konten atau isi berita," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog