Soal ketahanan pangan, Lampung dapat amanah sebagai salah satu provinsi lumbung pangan

setialampung.com – Provinsi Lampung di bidang ketahanan pangan mendapatkan amanah dari pemerintah pusat sebagai salah satu provinsi lumbung pangan, baik dari sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Hal ini disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wirawan di dalam pembukaan acara seminar nasional perikanan dan kelautan di Hotel Emersia, Selasa (17/05).

"Sejak tahun 2015 sudah dilakukan perbaikan terhadap saluran irigasi dan embung dalam menyukseskan Lampung sebagai lumbung gabah nasional," ungkapnya.

Rifki Wirawan juga mengatakan, pembangunan di sektor kelautan dan perikanan, Provinsi Lampung mendapatkan dukungan yang besar dari KKP RI, khususnya direktorat jenderal perikanan budidaya. Salah satunya dengan menggunakan dana TP yang ada di kabupaten / kota sudah merevitalisasi tambak rakyat. Yaitu di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Tulang Bawang dan Pesawaran melalui kegiatan percontohan demfarm tambak rakyat, pembangunan irigasi tambak partisipatif (PITAP) untuk 6 (enam) Poklina di tahun 2015 yang bertujuan terehabnya saluran sepanjang ± 24.000 KM. Tahun 2016 direncanakan 8 (delapan) Poklina.
"Melalui keputusan ditjen perikanan budidaya tahun 2015 telah ditetapkan sentra produksi perikanan budidaya berbasis kawasan minapolitan terintegrasi tahun 2016 untuk Kabupaten Pesawaran, Lampung Timur, TulangBawang dan Lampung Selatan," ujarnya.
Menurutnya, sumberdaya perikanan dan kelautan menjadi penting untuk mendapatkan perhatian dari berbagai pihak terutama para ilmuan dalam melakukan pengkajian dan penelitian. Sehingga melahirkan suatu konsep pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perikanan dan kelautan yang berkelanjutan menuju kedaulatan pangan nasional, khususnya di Provinsi Lampung.
Dalam penutupnya Rifki Wirawan menjelaskan, untuk mendukung program kemaritiman, pada akhir 2014 Provinsi Lampung sudah membentuk UPTD Pengawasan, Penindakan, Pelanggaran Bidang Perikanan. UPTD dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, dan satu-satunya di Indonesia dalam mendukung kedaulatan perairan baik eksosistem maupun ekowisata khususnya Perairan Provinsi Lampung.
Seminar nasional perikanan dan kelautan yang digagas Universitas Lampung ini dihadiri Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristek Dikti, Ocky Radjasa, Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Setiato, para wakil rektor, para dekan serta para ketua jurusan di Universitas Lampung. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog