​Selama 2016, Tingkat Kriminalitas di Bandarlampung Menurun

setialampung.com - Kapolresta Bandarlampung AKBP Murbani Budi Pitono mengatakan, selama 2016, pihaknya menangani atau mengungkap 2.959 kasus pidana. Jumlah ini menurun dibandingkan kasus yang ditagani selama 2015 yakni sebanyak 3.038 kasus. Penurunan ini juga terjadi pada kasus curat, curas, dan curanmor (C3).

"Untuk kasus curas menurun 1 kasus. Curanmor menurun 21,8 persen, tapi curat masih tetap marak dengan jumlah kasus 421atau meningkat 1,9 persen. Ada pula perdagangan manusia dua kasus, pemerkosaan 9 kasus atau meningkat 200 persen," kata Murbani dalam rilis akhir tahun di Mapolresta, Kamis (29/12).

Dia juga mengatakan, angka kriminalitas dan peredaran narkotika selama 2016 mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Dimana perbuatan pidana mengalami penurunan sebesar 2,6 persen atau mencapai 79 kasus. Dan penggunaan serta peredaran narkoba juga menurun hingga 22,9 persen atau 76 kasus.

Kendati demikian, kata Murbani, untuk kasus pembunuhan akan menjadi perhatian utama dengan pengungkapan 3 kasus penghilangan nyawa. Secara keseluruhan, tindak penyelesaian kasus di Polresta mencapai 73,5 persen atau 2.189 kasus yang meningkat 4 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.112 kasus.

Sementara itu, hingga akhir tahun ini Polresta beserta jajaran menangkap 1.492 orang tersangka. Diantaranya 743 orang tahanan Reskrim, 604 tahanan narkoba, dan 145 tahanan dari jajaran Polsek. Dari satuan reserse narkoba mengamankan 101,2 kilogram ganja, 241 gram sabu-sabu, dan 323 gram ekstasi.

Hasil tersebut, lanjutnya, merupakan hasil operasi pihaknya untuk mengantisipasi peredaran narkoba dan terjadinya tindak pidana kasus curas, curat, dan curanmor yang terbilang sangat meresahkan masyarakat.

"Penurunan angka kasus yang terjadi ini bukan berarti kami kurang melakukan kegiatan. Tapi tindakan yang kami lakukan telah dapat menekan angka kejahatan dan peredaran narkoba," ujar Murbani.

Dia berharap, di tahun selanjutnya pihaknya dapat lebih giat mengungkapkan dan menyelesaikan kasus yang terjadi di Bandar Lampung. "Ya mudah-mudahan 2017 kondisi kota ini dapat lebih kondusif lagi dan angka kriminalitas dan narkoba terus menurun dan bisa minimalisir," pungkasnya. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed