Pemerintah provinsi Lampung normalisasi sungai

setialampung - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat pembangunan. Salah satunya dengan mengoptimalkan potensi Sungai. Di Lampung terdapat sejumlah sungai yang mengalir serta melintasi kabupaten misalnya Way Seputih, Way Mesuji – Tulang Bawang. Selama ini pemanfaatan sungai baru sebatas untuk mengaliri pesawahan.

“Gubernur menginginkan adanya projek untuk sungai di Provinsi Lampung. Seperti menjadikan sarana transportasi, kegiatan perdagangan, tumbuhnya sentra perekonomian rakyat di seputaran aliran sungai. Untuk itu pemerintah provinsi Lampung akan menormalisasikan sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, dengan program yang terintegrasi, melalui pembangunan dermaga, jalan dan pusat perdagangan," ujar Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Lampung, Sutono, saat memimpin rapat rencana kegiatan normalisasi Sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, di ruang rapat Sekdaprov, kamis (2/2).

Sutono menjelaskan, penanganan sungai akan lebih dioptimalkan dengan mengembalikan fungsi sungai secara umum. Yakni sungai sebagai sarana transportasi dan sungai sebagai sumber kehidupan serta tempat kegiatan masyarakat Lampung kedepan.

Sungai yang selama ini hanya untuk mengaliri sawah di bangun menjadi jalur transportasi, di bangun pelabuhan, menjadi pusat ekonomi masyarakat seperti pasar ikan segar, sayuran, dan hasil pertanian lainnya. Lebih dari itu sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam yang akan mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar.

"Pemprov Lampung akan menjadikan Sungai Tulang Bawang tumbuh berkembang seperti halnya Sungai Ramang-Ramang yang ada di Desa Berau Kabupaten Maros dan Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah," ujar Sekdaprov.

Untuk itu, kata Sutono, normalisasi kedepannya dapat berfungsi dan memberikan manfaat bagi Provinsi Lampung. Normalisasi sungai adalah titik awal untuk membuat program program besarnya, program yang akan dilakukan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten kepada Sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang. Selanjutnya akan diselesaikan sesuai aturan hukum yang berlaku. 

"Akan kita sampaikan ke menteri untuk minta penanganan normalisasi sungai karena kewenangan penanganan sungai berada di pusat,” kata mantan kepala dinas kehutanan Lampung ini.

Kepala BAPPEDA Taufik Hidayat menuturkan, akan sangat menguntungkan melakukan normalisasi pada sejumlah sungai yang ada di Lampung. Salah satunya pada sektor pertanian. Begitu pula dengan Way Seputih dan Way Tulang Bawang, akan sangat bermanfaat dalam segi ekonomi, begitupun dengan transportasi. Banyak juga perkampungan di sepanjang sungai yang hingga saat ini bergantung dengan transportasi air.

Kadis Pemukiman dan Pengairan Lampung, Edarwan mengatakan, dinas pemukiman dan pengairan Lampung akan mencoba mereview sungai-sungai yang ada di Lampung, sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian, Kepala BAPPEDA, Kadis Pemukiman dan Pengairan, Kadis Pertambangan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Perhubungan, dan Kadis Kelautan dan Perikanan. (rls)

Share:

DIRGAHAYU KOTA BANDARLAMPUNG KE 337

DIRGAHAYU KOTA BANDARLAMPUNG KE 337

Nasional

Politik

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed