Pertama di Indonesia, SMSI Lampung gelar workshop verifikasi media siber



setialampung - Serikat Media Siber (SMSI) Lampung merupakan serikat media siber yang pertama kali melaksanakan worshop verifikasi media siber. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal SMSI pusat, Firdaus, saat menghadiri workshop verifikasi media siber SMSI Lampung, di sekretariat SMSI Lampung, Selasa (29/8).

"Ini pertemuan yang luar biasa. Karena saya putra daerah, lahir dan besar di Lampung. Saya juga bangga datang di acara workshop SMSI Lampung ini. Karena Lampung yang pertama kali melaksanakan workshop di Indonesia," katanya.



Selain itu, Firdaus menuturkan, pihaknya berharap workshop bisa digelar dua kali dalam satu tahun. Dijelaskannya, latar belakang pemilik dan pengelola media siber mayoritas berlatar belakang wartawan.

Selain itu, Firdaus menuturkan, pihaknya berharap workshop bisa digelar dua kali dalam sati tahun. 



"Lebih dari 90 persen pengusaha online adalah wartawan. Pengusaha atau pengelola media online harus mampu menempatkan posisinya," ujarnya.


Menurut Firdaus, saat ini masyarakat pers sesunguhnya mulai gamang. Salah satunya disebabkan kedepan media siber akan menguasai dunia pemberitaan.

"Lima tahun kedepan diperkirakan hanya ada media cetak yang segmentet. Artinya hanya ada media cetak dengan segemen tertentu saja. Dan tidak menutup kemungkinan, media siber selanjutnya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan aparatur lainnya," ungkapnya.

Menurutnya lagi, etika bisnis dan wartawan jauh berbeda. Karena etika bisnis untuk menjalin hubungan dan saling sinergi. Sedangkan etika wartawan menyampaikan informasi sesuai fakta dan data.

Ketua SMSI Lampung Donny Irawan mengatakan, tantangan kedepan semakin berat. Terutama untuk menghadapi dan mengatasi maraknya berita hoax.

"Oleh karena itu, pemilik atau pengelola media siber harus bisa mengelola manajemen bisnis dan mengelola karyawan serta menyajikan berita yang berkualitas. Semoga kedepan media siber di Lampung menjadi media yang profesional," ujarnya.

etua Pelaksana Workshop Verifikasi Media Siber Lampung, Deni Kurniawan mengatakan, sebagian besar pemilik atau pengelola media siber yang tergabung dalam SMSI Lampung sudah menyerahkan berkas kelengkapan media ke SMSI pusat dan dewan pers.

Sehingga kedepan, baik media dan wartawan media siber di Lampung menjadi media dan wartawan yang profesional," imbuhnya.

Staf ahli bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia, pemerintah provinsi Lampung, Harun Al Rasyd mengatakan, seiring perkembangan teknologi, saat ini dunia pers berkembang dengan pesat.

"Saat ini masyarakat tidak hanya menikmati berita melalui media cetak. Tapi juga melalui media online yang tidak mengenal batas dan ruang. Karena informasi atau berita dari media online bisa diakses dimana saja. Oleh karena itu, siapa yang menguasai komunikasi dan informasi, maka akan menguasai dunia," ungkapnya. (ben)
Share:

Politik

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog