65 naskah lomba esai terverifikasi


setialampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, dalam hal ini Diskominfotik, hingga Kamis dini hari 00.00 WIB (30/11), telah menerima 65 berkas/naskah dari peserta lomba menulis esai dengan tema "Optimisme masa depan Lampung setelah kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radin Inten II".  Kendati sudah 1 Desember 2017, pihak Diskominfotik Lampung tetap menunggu seandainya ada peserta yang mengirimkan hasil karya tulisannya melalui jasa pos. Dengan syarat cap pos-nya masih dibawah tanggal 30 November. 

"Sementara jumlahnya ada 65 naskah dari seluruh wilayah se-Lampung. Kemungkinan masih bisa bertambah atau akan tetap. Tetapi, kami (panitia) tetap melakukan pemberkasan untuk mendapat penilaian dari dewan juri," jelas Kabid Diseminasi dan Informasi Diskominfotik Lampung, Ganjar, Jumat (1/12).

Terkait penilaian naskah kiriman para peserta, sambung Ganjar, setidaknya dewan juri nantinya melihat dari 3 indikator, mulai dari kesesuaian isi tulisan dengan tema yang diambil, cara dan bentuk tulisan itu sendiri, hingga kedalaman isi tulisan.

"Besok para dewan juri secara maraton mulai melakukan kajian naskah sambil menunggu bila verifikasi berkas yang sudah masuk," katanya.

Selain itu, mewakili pemerintah, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah mengirimkan naskah lomba tulisan esai.

"Mudah-mudahan ini menjadi upaya untuk menggairahkan kembali dunia tulis menulis dan lebih meningkatkan kualitas dalam menulis," tandasnya.

Ketua pelaksana lomba, Achmad Chrisna Putra mengatakan, diwaktu yang sama, berbagai macam rangkaian kegiatan juga akan dihelat, seperti menyajikan kursus menulis esai oleh jurnalis senior Oyos Saroso dan Budiman Santoso, coaching klinik fotografi oleh jurnalis dan fotografer nasional, Arbain Rambey, serta bedah medsos video instagram oleh Rizky Anugerah dari @lampunginsta dan Ale @lampung_kuliner.

"Acara akan dimulai pukul 10.00 wib sampai malam," katanya, kamis (30/11).

Jelang malam puncak acara, ujarnya, akan ada pembagian hadiah lomba lomba. Nantinya, para penonton dan para undangan akan disajikan kuis interaktif dengan hadiah menarik seperti pulsa, power bank dan lainnya. Pada acara seremoni, pemprov Lampung akan menyuguhkan tari kreasi Lampung sebagai acara pembuka sebelum beberapa sambutan panitia penyelenggara dan gubernur Lampung. Juga dihadirkan gelaran fashion show dari tapis art collection pimpinan Aris bertemakan tapis jaman now.
"Untuk menemani tontonan dan sambil menunggu pengumuman, pemenang lomba lomba dan semua yang hadir akan disuguhkan kopi robusta Lampung secara gratis," ujarnya.

Diketahui, dari semua kegiatan lomba yang digelar pemprov Lampung, kesemuanya dipimpin masing-masing dewan juri yang kompeten dibidangnya. Seperti, dewan juri lomba esai, Oyos Saroso HN, Budiman Santoso, Asrian Hendi Cahya, Ilham B.Malik dan Ganjar. Dewan juri lomba foto terdiri dari Arbain Rambey dan Yoyok. Dewan juri konten positif terdiri Rizky Anugerah untuk juri video Instagram dan komik strip, Wicak, Dede  dari Lampung Strip Art. Untuk video Instagram akan dinilai oleh admin Medsos, seperti, kiki dari Lampung insta, M Ali dari info Lampung dan perwakilan Diskominfotik Lampung. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed