Ridho Ficardo: tulis surat langsung ke saya, tulis tangan saja nggak apa - apa


setialampung - Dibalik kesuksesan panen padi bersama warga Desa Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu. Kabupaten berjuluk 1.000 bambu itu ternyata menyimpan salah satu varietas padi unggulan yang tidak ada di kabupaten/kota lain.

Hal itu terungkap, saat dialog calon Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo bersama masyarakat yang tergabung dalam Gapoktan (gabungan kelompok tani) Sidorukun dari Desa Wonodadi Utara, Kecamatan Gadingrejo.

Diketahui, varietas unggulan tersebut itu diberi nama "varietas 400". Julukan ini lantaran dalam setiap tangkai padi, terdapat 400 bulir, sehingga menghasilkan 10 ton padi per hektarnya.

Perihal varietas unggulan itu, Marimin (70), warga Kampung Wonokarto, Wonodadi Utara, Gading Rejo, mengaku, varietas 400 tidak akan ada tanpa ditunjang atas upaya yang sudah dilakukan pemerintah di era kepemimpinan Muhammad Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri, yang telah membangun saluran irigasi.

Sehingga, dampak irigasi saat ini, bisa dilakukan 3 kali tanam dalam kurun waktu satu tahun.

"Namun, siklusnya masih dua kali tanam padi dan satu kali sayuran. Hal tersebut dilakukan karena pengairannya ternyata masih kurang. Jika ini terus dipertahankan hingga diperhatikan, tak menutup kemungkinan varietas ini bisa tiga kali tanam," ungkap Marimin, saat berdialog bersama Muhammad Ridho Ficardo dan warga, di rumah Ketua Gapoktan Sidorukun, Iwan Januar, aenin (26/3/2018).

Harapan masyarakat, kata dia, agar pembangunan bendungan Way Gatel segera dilaksanakan, atau revitalisasi bendungan Way Padang Ratu arah Pringsewu, bila Ridho Berbakti Jilid II kembali memimpin Lampung.

"Alhamdulillah sekarang sudah masuk musim panen padi, hasil padi juga lumayan. Dimasa pemerintahan Pak Ridho, kami jauh lebih diperhatikan dibanding gubernur sebelumnya. Masalahnya masih sama yaitu tentang pupuk dan juga perairannya. Mudah - mudahan Pak Ridho bisa membantu menyelsaikan permasalahan ini agar hasil panennya lebih baik dan meningkat," harap dia, mewakili Gapoktan setempat.

Menanggapi hal itu, calon gubernur Nomor Urut 1, M Ridho Ficardo, langsung meminta agar Gapoktan membuat surat secara langsung kepada dirinya. Selain lebih efektif juga agar pelaksanaannya cepat terealisasi.

"Tulis surat langsung ke Saya, tulis tangan saja nggak apa, kalau lewat pemerintah atau balai besar mungkin bisa saja mereka lupa, tapi kalau lewat Saya bisa langsung Saya perintah," tegas Ridho, seraya mencatat hasil varietas unggulan tersebut.

Ridho juga mengatakan, masyarakat Pringsewu merupakan salah satu masyarakat yang rukun guyub. Selain itu, masyarakatnya relatif lebih sejahtera dibanding kabupaten lainnya.

"Dari 15 kabupaten/kota, Pringsewu adalah wilayah ke-3 yang termaju di bidang pendidikan," ungkap Ridho.(*)

Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog