Tekab 308 Jatanras Polda Lampung ungkap komplotan penipu sewa ruko dan rumah

Foto - foto: istimewa.

setialampung - Tim Opsnal Jatanras Polda Lampung berhasil mengamankan tujuh orang terduga kelompok pelaku pencurian, penipuan dan penggelapan dengan modus pura - pura sewa ruko dan sewa rumah, pada kamis, (26/4/2018).

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung, AKBP Ruli Andi Yunianto mewakili Direktur Ditreskrimum Polda Lampung, AKBP Bobby Marpaung mengatakan, ketujuh orang pelaku yang diamankan polisi yaitu JA dan MI (istrinya), JD dan DS (istrinya), Cecep (penadah), AM (turut serta membantu), dan R (turut serta membantu).


"Barang bukti yang diamankan dari para pelaku yaitu 1 (unit)  HP OPPO F5,  2 (unit) R4 jenis mitsubishi L300, 1 (unit) R4 jenis toyota Avanza, perabotan rumah tangga (mesin Cuci, TV, kipas angin, Dll). 1 (Unit) Mobil L-300 yang ada di rumah tersangka Cecep ada LP curat Mobil di Polres Metro. Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Subdit 3 Jatanras untuk dilakukan proses penyidikan," kata Ruli.


Ruli mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap terhadap tersangka, awalnya 4 orang pelaku yakni 2 pasang suami istri berpura - pura mau menyewa ruko milik Sayuti (korban), warga Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah.


Lalu pelaku minta bantuan korban untuk mengisi perabotan ruko. Setelah disetujui harga, korban mengajak para pelaku untuk menemui toko perabotan milik temannya dan membeli perabotan rumah tangga. Karena pemilik toko sudah kenal dengan korban, maka boleh BON.

Setelah beberapa lama tidak dibayar, lanjutnya, pemilik toko menagih uang perabotan kepada korban. Dan korban menagih kepada para pelaku. Para pelaku menyanggupi membayar tapi pelaku membujuk korban agar mau ikut ke Bandarlampung untuk ambil uang di orangtua pelaku sekalian bayar uang sewa ruko.

Kemudian korban dan pelaku berangkat ke Bandarlampung naik 2 mobil yaitu Xenia milik pelaku dan Avanza milik korban.
Sesampainya di Bandarlampung, Pelaku mengajak korban ke transmart Way Halim dulu. Begitu sampai Transmart, korban ditinggal oleh para pelaku dan mobil Avanza korban ikut dibawa.

"Begitu korban balik ke rumah/ruko yang tadinya disewa oleh pelaku, semua perabotan sudah tidak ada lagi," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog