Tim Jatanras Polda Lampung dan Satreskrim Polres Lampung Utara amankan pelaku curas

Foto: istimewa.

setialampung - Tim opsnal subdit 3 jatanras Polda Lampung beserta Sat Reskrim Polres Lampung Utara, jumat (28/4/2018), mengamankan lima tersangka pelaku pencurian dan kekerasan (curas)/perampokan terhadap Budi Santoso.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung, AKBP Ruli Andi Yunianto mewakili Direktur Ditreskrimum Polda Lampung, AKBP Bobby Marpaung mengatakan, lima tersangka yang diamankan polisi yaitu I, G, D, H dan P.

"Enam pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas (buron). Namun identitas pelaku sudah diketahui," kata Ruli.

Ruli mengungkapkan, kronologis perampokan terhadap Budi Santoso yaitu pada selasa 3 April 2018 sekira pukul 3.00 wib, di Desa Baru Raharja, Kecamatan Sungkai Utara, pelaku kurang lebih berjumlah 11 orang masuk ke rumah Budi Santoso (korban) dengan cara
mendobrak pintu rumah dengan menggunakan kayu balok berukuran sekitar 3 meter.

Setelah itu, lanjutnya, para pelaku masuk ke dalam rumah dan menembak korban dibagian perutnya dengan menggunakan senjata api. Pelaku juga menyekap istri dan keponakan korban dengan cara diikat kedua tangannya menggunakan tali tambang.
Kemudian para pelaku leluasa mencuri/mengambil barang - barang milik korban.

"Pelaku mengambil perhiasan emas seberat 100 gram dan uang tunai sebesar Rp50 juta. Berdasarkan pengakuan tersangka, motif tersangka melakukan perampokan yaitu karena dendam masalah sengketa tanah dan sakit hati karena pernah ada gesekan pribadi," ungkapnya.

Kronologis penangkapan pelaku, Ruli menjelaskan, pada kamis 27 April 2018, tim gabungan Jatanras Polda Lampung dan Sat Reskrim Lampung Utara melakukan penangkapan pertama terhadap tersangka I di jalan Prokimal wilayah Kotabumi Utara. Kemudian mengembang pada pelaku lainnya yang ditangkap di rumah tersangka masing - masing.

Dijelaskannya lagi, barang bukti yang diamankan polisi dari para tersangka diantaranya pakaian yang digunakan para pelaku saat kejadian. Jas Hujan yang digunakan pelaku saat menuju rumah korban. Senter kepala yang digunakan pelaku sesuai di CCTV. Kayu Balok yang digunakan pelaku untuk mendobrak pintu rumah korban. 4 unit hp milik tersangka yang digunakan berkomunikasi saat kejadian dan 1 buah topi milik tersangka sesuai dengan yang ada di rekaman CCTV.

"Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan penyidik di Sat Reskrim Polres Lampung Utara. Untuk tim opsnal melakukan pengejaran/hunting terhadap pelaku yang masih buron," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog