8 Maret 2019

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia


Lampung Selatan - Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, di pintu Tol Natar, Lampung Selatan, jumat (8/3).

Gubernur Ridho dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintah pusat atas banyaknya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah pusat di Lampung

"Alhamdulillah pada pagi hari ini telah diresmikan jalan Tol trans sumatera serta dermaga eksekutif bakauheni Lampung. Atas nama pemerintah provinsi Lampung, kami sangat berterimakasih adanya pembangunan ini. Hari ini kita sama-sama melihat dan mendukung penuh komitmen besar Bapak Jokowi dalam memajukan dan mensejahterkan negeri ini," ungkap Ridho.

"Hari ini merupakan salah satu catatan sejarah di mana pembangunan infrastruktur konektifitas yang menyatukan Indonesia, terutama Jawa-Sumatera dengan Jalan Tol Trans Sumatera dan dermaga eksekutif, yang insya Allah menjadi tumpuan pusat pertumbuhan ekonomi baru setelah Jawa," lanjut Ridho.

Lebih lanjut gubernur juga menyatakan, jalan tol trans sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi besar sepanjang 140,9 kilometer merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan akan difungsikan sebagai sistem logistik nasional dalam pendistribusian barang dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo mengatakan, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikannya.

"Ada yang tanya tadi, jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Lampung sampai Aceh. Terus kapan sampai ke Aceh? Saya jawab, 2024 sudah sampai ke Aceh," kata Jokowi.

Jokowi juga memuji kinerja Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo beserta jajaran pemerintah provinsi Lampung yang dapat bersinergi dengan pemerintah pusat dalam mensukseskan program-program pembangunan nasional di Lampung. Diantaranya pembangunan JTTS dan dermaga eksekutif, dan Bandara Internasional Raden Inten II.

"Ada yang bertanya pada saya, kenapa pembangunan jalan tol di Lampung bisa sangat cepat, saya katakan kuncinya di Lampung pembebasan tanah dilakukan dengan sangat cepat. Ini bisa dijadikan contoh. Dan tadi disampaikan pak gubernur sampai ada ASN, yakni ketua tim percepatan pembangunan jalan tol yang meninggal dunia. Mungkin karena lelah atau stres dikejar target, oleh karenanya saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh ASN di lingkungan provinsi Lampung," ungkap Presiden Joko Widodo.

Adapun dengan adanya jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini sepanjang 140 kilometer (km) akan memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi hanya 1,5 jam saja. Sementara untuk ruas selanjutannya, yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 km masih dalam proses pengerjaan.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga sudah meresmikan beberapa ruas tol JTTS Lampung pada 20 Januari 2018 lalu. Yakni pada Paket Trans Sumatera 1 Bakauheni--Sidomulyo segmen Pelabuhan Bakauheni sampai Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km, dan di Paket 2 Sidomulyo--Kotabaru segmen SS Lematang sampai SS Kotabaru sepanjang 5,6 km.

Selain meresmikan JTTS ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga meresmikan terminal eksekutif merak sosoro, dan terminal eksekutif bakauheni anjungan agung. (rls)

Label: , ,