8 Maret 2019

Presiden Jokowi Tandatangani Prasasti Terminal Bandara Radin Inten II


Lampung - Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana di ruang VIP Bandara Radin Inten II Lampung, jumat (8/3).

Setibanya di Lampung, Presiden Jokowi langsung menandatangani prasasti terminal Bandara Radin Inten II didampingi Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

"Saya tadi sudah perintahkan kepada menteri perhubungan, yang pertama agar bandara ini paling lama 2 minggu sudah ada penerbangan internasional. Yang kedua transportasi dari kota menuju bandara lewat kereta bandara harus juga mulai disiapkan sehingga kalau nanti kapasitas bandara ini membesar karena growthnya tinggi sekali di sini itu sudah ada persiapan kereta bandaranya juga," papar Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap dengan adanya terminal baru ini, perekonomian di Lampung bisa semakin bergairah, terutama dari sektor pariwisata.

"Bisnis investasi di Lampung banyak sekali, ini akan mendukung kecepatan pertumbuhan dari Bandara Radin Inten II. Nanti mungkin kalau sudah dipegang Angkasa Pura II langsung bisa ekspansi gede banget ini," katanya.

Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo mengatakan, dalam beberapa waktu ke depan Bandara Gatot Subroto yang berada di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung juga akan dibuka untuk penerbangan komersil yang rute pertama penerbangannya adalah dari Bandara internasional Raden Inten II.

"Selain Bandara Radin Inten II, di Lampung juga ada Bandara Gatot Subroto yang berada di Kabupaten Way Kanan, nanti dalam waktu dekat juga akan dibuka penerbangan komersil, rute pertamanya adalah ke Bandara Radin Inten II ini," ujar gubernur.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan kepada Gubernur Ridho bahwa terkait status Bandara internasional Raden Inten II akan lebih ditekankan dan dievaluasi secara menyeluruh.

Hal tersebut dilakukan agar Bandara Internasional Raden Inten II tidak hanya status. Melainkan seluruh fasilitas, kondisi dan keadaan bandara memenuhi kriteria bandara Internasional.

"Dalam satu minggu ke depan kita mantapkan lagi segala bentuk kesiapannya," ujar Budi.

Usai peresmian, Presiden Jokowi meninjau beberapa titik di terminal Bandara Radin Inten II. Termasuk titik tempat kedatangan, pemeriksaan keamanan, hingga tempat calon penumpang menunggu. (rls)

Label: , , ,