Presiden Joko Widodo Beri Pengarahan di Musrenbangnas 2019


Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan pada acara musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas) 2019 di Shangri-La Hotel, Jakarta, kamis (9/5). Acara bertujuan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2020.Tema RKP 2020, yaitu peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas.

Dalam arahannya, presiden menyampaikan peluang Indonesia menjadi negara terkuat dalam bidang ekonomi didukung dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) atau yang dikenal dengan visi Indonesia 2045. Visi tersebut telah disusun Bappenas atas dasar gagasan Presiden Jokowi yang dikenal dengan nama Impian Indonesia 2045.

“Kita mempunyai peluang besar menjadi  negara ke-4 atau ke-5  terkuat ekonomi dunia di tahun 2045,” kata Presiden.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka fokus utama pembangunan bangsa adalah pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, penguatan infrastruktur, pengembangan nilai tambah industri, ketahanan pangan, energi, air dan lingkungan hidup, serta stabilitas dan ketahanan politik maupun sosial.

“Dalam mewujudkan hal itu, kita perlu menyelesaikan berbagai permasalahan seperti Infrastruktur, konektivitas dengan pusat-pusat produksi, kawasan industri, sentra ekonomi, reformasi birokrasi, deregulasi dan debirokrasi, pemangkasan, organisasi semakin sederhana.  Penyerderhanaan perijinan, peningkatan investasi serta  berorientasi pada ekspor dan subsitusi barang-barang impor,” tambahnya.

"Kuncinya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehat dan produktif. Serta inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," tambahnya.

Meski demikian, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kian menjadi kunci dalam mewujudkan hal tersebut yang ditopang dengan penguatan pendidikan dan pelatihan.

“Kuncinya ada pada Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Kalau SDM nya berkualitas, akan juga merimbas pada peningkatan Produktivitas tenaga kerja. Oleh sebab itu, pendidikan dan pelatihan vokasi harus ditingkatkan, SMK harus terkoneksi dengan dunia industri,” papar Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan pembangunan daerah 2019 dengan indikator penilaian perencanaan, kualitas dokumen, inovasi, dan pencapaian. Provinsi yang mendapatkan penghargaan adalah provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Sedangkan Kabupaten yang mendapatkan penghargaan adalah Kabupaten Tanah Datar, Temanggung dan Tabanan. Sementara Kota yang mendapatkan penghargaan adalah Kota Semarang, Denpasar, dan Makassar. Dalam kesempatan tersebut, PDAM Tirta Moedal Semarang juga mendapatkan penghargaan dalam kapasitas Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Selain dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wapres M. Jusuf Kalla, Musrenbangnas juga turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan para Menteri Kabinet Kerja lainnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan  Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Hadir pula para gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog