12 Pekerjaan Rumah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi Versi Akademisi, dan Harapan Warganya

Yusdianto.

setialampung - Akademisi Universitas Lampung, Yusdianto menilai banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Arinal Djunaidi - Chusnunia Chalim setelah dilantik menjadi gubernur dan waki gubernur Lampung periode 2019 - 2024.

Menurut Yusdianto, diantaranya ada 12 pekerjaan rumah yang menanti penyelesaian gubernur Lampung periode 2019 - 2024 ini. Yusdianto mengungkapkan, pekerjaan rumah yang pertama yaitu terkait infrastruktur yang berbasis kebutuhan masyarakat dalam mendorong conectivitas tol darat, laut dan udara.

Kemudian yang kedua, lanjutnya, kebutuhan dan ketersediaan energi listrik 2030.

Ketiga, harmonisasi pembangunan pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang terintegrasi mengingat APBN/APBD di Lampung terbatas.

Keempat, harmonisasi antara gubernur beserta perangkatnya dengan DPRD Lampung. Mengingat pelantikan gubernur terpilih masih menyisakan pansus politik uang pilgub. Kelima, pendidikan, kesehatan dan penguatan mental masyarakat. Lalu yang keenam, pengembangan sektor pertanian dan kelautan yang belum maksimal digarap.

Kemudian yang ketujuh, menghadapi perubahan iklim dan pariwisata Lampung yang terintegrasi. Kedelapan, mendorong investasi daerah berupa peningkatan industri, koperasi dan UMKM.

Selanjutnya, pekerjaan rumah gubernur yang kesembilan yaitu normalisasi birokrasi dan pengaturan ASN. Kesepuluh, komitmen kamtibmas, menyelesaikan masalah begal, narkoba dan kriminalitas yang kian meningkat. Kesebelas, penyelesaian konflik pertanahan, kehutanan dan lingkungan hidup. Dan pekerjaan rumah gubernur yang kedua belas yaitu pembangunan Lampung yang basis sprite local wisdom.

Sementara, Handi Mulyaningsih mengatakan, tentu menjadi harapan semua pihak, jalan bagus, pendidikan murah, sehat, tidak ada  pengangguran , usia harapan hidup tinggi, angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah, dan perekonomian maju.

"Ke depan, korupsi harus zero. Agar Lampung sejahtera. Untuk itu pak gub harus punya team pembangunan yang kuat dan visioner," ujarnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed