Langsung ke konten utama

Sekjen Kemendagri Kukuhkan 80 Curator Festival Gapura Cinta Negeri


setialampung.co.id - Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo kukuhkan curator festival gapura cinta negeri sebanyak 80 orang di ruang sidang utama gedung A kantor pusat kementerian dalam negeri, rabu (7/8).

Hadi Prabowo mengatakan, festival gapura cinta negeri sebagai kegiatan yang sangat positif, yaitu pertama dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia, kedua, mempererat persaudaraan diantara warga; ketiga, upaya meningkatkan nilai-nilai gotong - royong yang ada dalam jiwa pribadi bangsa Indonesia, keempat, tentunya adalah menjaga persatuan dan kesatuan NKRI melalui karya seni.

Ia juga menjelaskan, tahapan pelaksanaan festival gapura cinta negeri yang dimulai 17 Juli sampai 17 Agustus 2019 yang dalam pelaksanaannya melibatkan 80 kurator.

“Ini berjumlah 80 orang, yang mana anggotanya dari seluruh perguruan tinggi. Tugas kurator adalah mengamati, menganalisis, mengkurasi terhadap foto-foto atau unggahan yang telah dikirim pada website festival gapura cinta negeri www.gapuracintanegeri.com, sehingga tugas dari kurator setelah 7 Agustus 2019 ini tentunya akan melihat mengkurasi kiriman unggahan dari masyarakat," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan ada 80 penilaian yang dilakukan 80 orang panitia kurasi, kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, unggahan dari peserta Festival Gapura Cinta Negeri ini nanti dilaporkan untuk di nominasikan 60.

“Kita belum tahu berapa jumlah foto yang akan terkirim di website tersebut. Namun tugas dari kurator adalah menetapkan 60 nominator, 60 itu dari umum 50 dari khusus 10," terang Hadi.

Dalam Festival Gapura Cinta Negeri ada 2 (dua) sisi kriteria, yaitu yang pertama adalah untuk umum, umum itu masyarakat pada tingkat tataran RW, yang kedua khusus yaitu pesertanya dari perguruan tinggi, kmudian dari dunia usaha, BUMN, lembaga/instansi maupun komunikas seluruh Indonesia.

“Mulai 17 Agustus sampai dengan 19 Agustus 2019 tugas dari kurator menyeleksi dan mengkurasi dari jumlah yang masuk, kemudian dinominasikan menjadi 60 yang terbaik. Selanjutnya pada tanggal 20 Agustus 2019 ditetapkan 60 terbaik yang diserahkan oleh Koordinator Bidang Penilaian, dan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2019 akan menetapkan 15 peserta terbaik. Tanggal 22 sampai dengan 28 Agustus 2019 dilakukan survei lapangan dan sekaligus menetapkan 15 yang terbaik tersebut. Dan pada tanggal 29 Agustus 2019 ke-15 nominasi tersebut diundang ke Jakarta setelah itu pada tanggal 30 Agustus 2019 akan diupayakan akan bertemu dengan Bapak Presiden Joko Widodo”, terangnya.

Lebih lanjut ia Hadi Prabowo menyampaikan bahwa untuk para pemenang disediakan 15 piala dan piagam serta uang total Rp. 1 Miliar, dengan rincian: 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang; 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp. 250 juta  per pemenang; 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang. Sedangkan, 1 piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah uang senilai Rp100 juta. (*)

Postingan populer dari blog ini

Dinamika dan Tantangan Demokrasi di Indonesia Harus Dikelola dengan Baik

setialampung - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, rabu (4/7/2018), memberi ceramah di hadapan para perwira TNI di Sekolah  Staf Komando TNI (Sesko TNI) di Bandung, Jawa Barat. Dalam ceramahnya, mantan sekretaris jenderal PDIP itu banyak mengulas soal dinamika dan tantangan demokrasi di tanah air.


Menurut Tjahjo, dalam setiap pelaksanaan demokrasi di mana juga, termasuk di Indonesia, pasti ada dinamikanya. Dinamika demokrasi mulai terasa ketika tibanya tahapan kontestasi politik. Dinamika paling terasa menguat ketika dimulainya tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 2014.

"Dinamika politik juga terasa ketika penyusunan untuk regulasi pilkada dimulai," kata Tjahjo.


Tjahjo memahami, dinamika terasa karena setiap partai berkepentingan terhadap kontestasi politik yang akan digelar. Tentu, ada tarik menarik kepentingan. Namun itu semua, demi untuk membangun sistem demokrasi di Indonesia. Tahun 2015, Indonesia berhasil menggelar hajatan pilkada serentak tahap pert…

Berikut Pidato Lengkap Presiden Joko Widodo

setialampung.co.id - MPR RI resmi melantik Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden masa jabatan 2019 - 2024, minggu (20/10).

Usai dilantik, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya. Berikut pidato lengkap Presiden Joko Widodo.


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Yang saya hormati para pimpinan dan seluruh anggota MPR, Yang saya hormati Bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, Yang saya hormati Ibu Megawati Soekarnoputeri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, Yang saya hormati Bapak Prof. Dr. Soesilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. Boediono, Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia, Bapak Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke- 12 Republik Indonesia.

Yang saya muliakan kepala negara dan pemerintahan serta utusan …

Imbauan Kapolda Lampung, Irjen Purwadi Arianto

setialampung.co.id - Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019 - 2024 yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2019, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto mengimbau kepada semua masyarakat dan semua elemen agar mengikuti apa yang telah menjadi aturan. Sehingga pelaksanaan kegiatan pelantikan presiden dan wakil presiden berlangsung aman dan terkendali.

"Semua ini (pelantikan presiden) adalah kemenangan masyarakat Indonesia. Ini adalah anugerah buat Bangsa Indonesia. Untuk itu saya mengimbau kepada semua pihak agar semua situasi berjalan kondusif, aman dan terkendali. Silakan menyampaikan pendapat dengan santun dan sopan," ujarnya.

Purwadi juga menutukan, pihaknya menempatkan personil secukupnya. Diantaranya seperti di lokasi penyeberangan menuju pulau Jawa yaitu di Bakauheni, Lampung Selatan.

"Memang ada indikasi pemberangkatan massa tapi tidak terlalu banyak. Bagi pendukung yang lagi bersuka ria, agar penyampaiannya tidak mengganggu yang lainnya,"…