Langsung ke konten utama

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Hari Santri, Kantor PKS Lampung Apel Gunakan Sarung


setialampung.co.id - Ingin mengambil berkah dan inspirasi kebaikan dari peringatan Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober, Partai Keadian Sejahtera (PKS) Lampung melaksanakan apel hari santri bagi pengurus dan staf pegawai di Kantor PKS Lampung, Jalan Untung Suropati, Labuhan Ratu, Bandarlampung, Selasa (22/10).

Dengan menggunakan baju muslim, bersongkok dan menggunakan sarung, apel hari santri diikuti puluhan orang. Bertindak sebagai pembina apel hari santri di Kantor PKS Lampung adalah alumni Pondok Pesantren At Tohiriyah, Banten, yang juga sekretaris umum PKS Lampung, Ade Utami Ibnu.

Dalam amanatnya, Ade berpesan, disetiap peringatan hari santri, sebelumnya diawali dengan kegiatan lomba baca kitab kuning sebagai rangkaian acaranya.

“Jadi bukan suatu kebetulan jika kegiatan PKS bersama santri, salah satunya adalah lomba baca kitab kuning bertujuan meneruskan tradisi santri yakni tradisi untuk selalu mencari ilmu,” kata Ade.

Terkait dengan tradisi keilmuan, menurut Ade, ketika hidup di dunia, maka harus berperan dalam dua hal.

“Pertama sebagai orang yang mengajarkan ilmu atau yang kedua sebagai orang yang belajar tentang ilmu, inilah status harian kita. Kalau tidak belajar ya ngajar” tutur wakil ketua Fraksi PKS DPRD Lampung ini.

Selain itu, katanya, menurut referensi yang lain, selain belajar ilmu atau mengajarkan ilmu, maka dapat memposisikan sebagai orang yang mendengarkan ilmu atau orang yang mencintai orang yang belajar dan mengajarkan ilmu.

Sementara itu, ditempat yang lain, di hari yang sama Ketua Umum PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim menjadi narasumber dalam dialog bersama para santri di Pondok Pesantren Insan Qur’ani Poncowarno, Lampung Tengah, dalam rangka memperingati hari santri nasional.

Dia berpesan kepada para santri, bahwa sifat-safat yang harus dimiliki santri adalah tawadhu’ atau rendah hati.

“Orang yang tawadhu’ itu bukan orang yang tidak hebat. Dia hebat, tapi tidak pernah merasa hebat. Dia sebetulnya berprestasi dan alim, tapi tidak pernah merasa alim,” tutur Mufti Salim dihadapan ratusan santri.


Pada kesempatan itu ketua Fraksi PKS DPRD Lampung ini juga mengungkapkan pengalamannya saat menjadi santri di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. (rilis)

Berita Populer

Dinamika dan Tantangan Demokrasi di Indonesia Harus Dikelola dengan Baik

setialampung - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, rabu (4/7/2018), memberi ceramah di hadapan para perwira TNI di Sekolah  Staf Komando TNI (Sesko TNI) di Bandung, Jawa Barat. Dalam ceramahnya, mantan sekretaris jenderal PDIP itu banyak mengulas soal dinamika dan tantangan demokrasi di tanah air.


Menurut Tjahjo, dalam setiap pelaksanaan demokrasi di mana juga, termasuk di Indonesia, pasti ada dinamikanya. Dinamika demokrasi mulai terasa ketika tibanya tahapan kontestasi politik. Dinamika paling terasa menguat ketika dimulainya tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 2014.

"Dinamika politik juga terasa ketika penyusunan untuk regulasi pilkada dimulai," kata Tjahjo.


Tjahjo memahami, dinamika terasa karena setiap partai berkepentingan terhadap kontestasi politik yang akan digelar. Tentu, ada tarik menarik kepentingan. Namun itu semua, demi untuk membangun sistem demokrasi di Indonesia. Tahun 2015, Indonesia berhasil menggelar hajatan pilkada serentak tahap pert…

Danpomal Lampung Minta Prajurit Profesional

BANDARLAMPUNG- Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lampung, Mayor Laut (PM) Prasetyo Bekti meminta prajurit bertugas independen dan profesional.

Permintaan Prasetyo Bekti itu dalam rangkaian hari ulang tahun (HUT) Ke-73 Pomal Lampung di Gedung C, PKOR Wayhalim, Bandarlampung, minggu (24/2) pagi.

Soal HUT Pomal, Prasetyo Bekti menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari perayaan HUT Pomal ke-73.

"Acara diawali olah raga bersama, yaitu senam bersama, setelah itu jalan sehat, kemudian dirangkai dengan kegiatan donor darah, sebagai wujud membantu rekan-rekan kita yang mungkin membutuhkan, dan terakhir ialah pengundian kupon jalan sehat," jelasnya.

Prasetyo memaparkan, untuk hadiah jalan sehat sendiri sebanyak 156 item, dengan hadiah utama 10 sepeda.

"Pomal kian bisa bertugas dengan sebaik-baiknya. Khususnya di Lampung, Lanal di Lampung mengelola ribuan prajurit, ada Brigade-4 Marinir, ada 2 Batalyon, ada Prokimal, dan lanal itu sendiri," kata…

Bahtiar Hadiri Rapat Kerja Pimpinan Fraksi PKS se-Indonesia

Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan lembaga yang sentral dalam sebuah pemerintahan di daerah. Pasalnya, hadirnya DPRD memperkuat tata kelola pemerintah daerah terutama dalam hal mendengarkan aspirasi rakyat. Oleh karenanya, memperkuat peran DPRD dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat merupakan bagian yang tak terelakkan.

Hal inilah yang ditekankan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam silaturahmi dan koordinasi antara fraksi PKS DPR RI dengan pimpinan FPKS dan pimpinan DPRD provinsi se-Indonesia di ruang Puri Ratna Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, kamis (5/12).

“DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota adalah unsur penyelenggara urusan Pemda, harus memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerahnya,” kata Bahtiar.

Untuk dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat, DPRD perlu mengoptimalkan seluruh peran dan fungsinya sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan…