Langsung ke konten utama

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Ratusan ASN Jajaran Polda Lampung Ikuti Sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2009


setialampung.co.id - Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Sudarsono membuka kegiatan sosialisasi PP nomor 30 tahun 2009 tentang penilaian kinerja pegawai negeri sipil dan PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil kepada ASN jajaran Polda Lampung.

Sosialisasi PP No 30 Tahun 2009 dilaksanakan di Ball Room Hotel Emersia, Bandarlampung, kamis (10/10).

Sebanyak lima ratus peserta Polda Lampung dan jajaran yang mengikuti sosialisasi ini yakni para kasubagrenmin seluruh satker dan ASN satker Polda Lampung berjumlah 250 Orang, kabagsumda, kasubbag hukum, kasi Propam Polres / ta jajaran Polda Lampung dan ASN Polres / ta jajaran Polda Lampung sejumlah 200 org.

Selaku pemberi materi yakni Kabid Bin dan Pemberhentian Pegawai Bok Usman (Materi PP Nmr 30 thn 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negri Sipil). Inspektorat Lampung Hamar Toni Ahadis (Penyampaian Materi PP Nmr 53 Thn 2010 tentang Disiplin PNS), Propam Polda Lampung, Kompol Suharto (Materi Mekanisme Penegakan Disiplin bagi ASN Polri di Polda Lampung, Kabag Dalpers Polda Lampung, AKBP Gajali Ahmad (Materi Pembinaan Karier bagi ASN Polri), Kasubbid Bankum BIDKUM Polda Lampung, AKBP I Made Kartika, (Materi Tata Cara Bantuan dan Nasehat Hukum di Lingkungan Polri).

PP No 30 Tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Peraturan Pemerintah, Penilaian Kinerja PNS ini mengatur antara lain substansi penilaian kinerja PNS yang terdiri atas penilaian perilaku kerja dan penilaian kinerja PNS, pembobotan penilaian SKP dan perilaku kerja PNS, pejabat penilai dan tim penilai kinerja PNS, tata cara penilaian, tindak lanjut penilaian berupa pelaporan kinerja,
pemeringkatan kinerja, penghargaan kinerja dan sanksi serta keberatan, dan sistem informasi kinerja PNS.

Keberhasilan dari pelaksanaan Sistem Manajemen Kinerja PNS dalam Peraturan Pemerintah ini sangat tergantung kepada pelaksanaan sistem-sistem lain yaitu pelaksanaan rencana strategis Instansi Pemerintah, rencana kerja tahunan, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, dan uraian jabatan.

Ketentuan tentang penilaian kinerja PNS dalam Peraturan
Pemerintah ini secara mutatis mutandis dapat digunakan untuk penilaian kinerja calon pegawai negeri sipil.

PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Merupakan Pedoman dalam menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas serta dapat mendorong PNS untuk lebih produktif berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Peraturan Pemerintah tentang disiplin PNS ini antara lain memuat kewajiban, larangan, dan hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan kepada PNS yang telah terbukti melakukan pelanggaran. Penjatuhan hukuman disiplin dimaksudkan untuk membina PNS yang telah melakukan pelanggaran, agar yang bersangkutan mempunyai sikap menyesal dan berusaha tidak mengulangi dan memperbaiki diri pada masa yang akan datang.

Dalam sambutannya, Kapolda Lampung yang disampaikan Waka Polda Lampung mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah hadir dan bersedia untuk membagikan ilmu kepada para peserta Sosialisasi Terkait PP Nmr 30 Thn 2019 dan PP Nmr 53 Tahun 2010 dengan pertimbangan bahwa PNS Polri adalah Bagian yang tidak terpisahkan dari organisasi Polri. (rls)

Berita Populer

Badri Tamam Nilai KPRI Handayani Koperasi Sehat

Bandarlampung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung, Badri Tamam, menilai Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Handayani Dinas Pendidikan Bandar Lampung merupakan koperasi sehat, karena asetnya mencapai lebih sepuluh miliar.

"Semoga kedepan koperasi Handayani dapat lebih baik lagi," kata Badri Tamam dalam rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2018 KPRI Handayani Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, di Aula Dinas Pendidikan setempat, sabtu (9/3).

Menurut Badri Tamam, KPRI Handayani sangat bermanfaat para anggotanya. Salah satunya memberangkatkan umroh enam orang, membantu anggota dan masyarakat misalnya dalam rangka pengadaan sembako, termasuk juga simpan-pinjam.

Ketua KPRI Handayani Tatang Setiadi menjelaskan, RAT rutin tiap tahun ini merupakan salah satu amanah dari Undang-Undang Koperasi No.25 Tahun 1992. Koperasi harus setiap tahun melaporkan kegiatan tahunannya melalui RAT.

"Jadi kekuasaan tertinggi koperasi adalah RAT. Dalam rapat ini juga mengund…

Antoni Imam Ajak Mahasiswa Ikut Siapkan Peraturan Daerah

Bandarlampung - Di depan ratusan mahasiswa peserta seminar nasional legislatif 2019 di Politeknik Kesehatan Tanjung Karang, selasa (3/12), Anggota Komisi V DPRD Lampung, Antoni Imam mengajak agar disamping menuntaskan perkuliahan secara baik dengan nilai akademik yang baik, juga tak lupa jangan abai dengan kondisi sosial disekitar mereka.

“Sebagai _director of change_ atau pengendali perubahan, adik-adik mahasiswa punya tanggung jawab moral ikut memperbaiki kondisi sosial di sekitar. Jangan mengabaikan tugas mulia itu,” harap sekretaris fraksi PKS DPRD Lampung ini.

Mahasiswa sebagai suatu strata sosial yang dipercaya masyarakat harus ikut memberi pencerahan kepada mereka.

“Hari ini publik menaruh harapan besar kepada adik-adik mahasiswa. Salah satu tugas yang penting dilakukan adalah sebagai penyeimbang kebijakan baik di tingkat lokal/ daerah maupun nasional,” ungkap Antoni Imam.

Sebagai penyeimbang kebijakan, maka mahasiswa perlu menterjemahkannya secara sistemik.

“Jika ada peratura…

Danpomal Lampung Minta Prajurit Profesional

BANDARLAMPUNG- Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lampung, Mayor Laut (PM) Prasetyo Bekti meminta prajurit bertugas independen dan profesional.

Permintaan Prasetyo Bekti itu dalam rangkaian hari ulang tahun (HUT) Ke-73 Pomal Lampung di Gedung C, PKOR Wayhalim, Bandarlampung, minggu (24/2) pagi.

Soal HUT Pomal, Prasetyo Bekti menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari perayaan HUT Pomal ke-73.

"Acara diawali olah raga bersama, yaitu senam bersama, setelah itu jalan sehat, kemudian dirangkai dengan kegiatan donor darah, sebagai wujud membantu rekan-rekan kita yang mungkin membutuhkan, dan terakhir ialah pengundian kupon jalan sehat," jelasnya.

Prasetyo memaparkan, untuk hadiah jalan sehat sendiri sebanyak 156 item, dengan hadiah utama 10 sepeda.

"Pomal kian bisa bertugas dengan sebaik-baiknya. Khususnya di Lampung, Lanal di Lampung mengelola ribuan prajurit, ada Brigade-4 Marinir, ada 2 Batalyon, ada Prokimal, dan lanal itu sendiri," kata…