Ratusan ASN Jajaran Polda Lampung Ikuti Sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2009


setialampung.co.id - Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Sudarsono membuka kegiatan sosialisasi PP nomor 30 tahun 2009 tentang penilaian kinerja pegawai negeri sipil dan PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil kepada ASN jajaran Polda Lampung.

Sosialisasi PP No 30 Tahun 2009 dilaksanakan di Ball Room Hotel Emersia, Bandarlampung, kamis (10/10).

Sebanyak lima ratus peserta Polda Lampung dan jajaran yang mengikuti sosialisasi ini yakni para kasubagrenmin seluruh satker dan ASN satker Polda Lampung berjumlah 250 Orang, kabagsumda, kasubbag hukum, kasi Propam Polres / ta jajaran Polda Lampung dan ASN Polres / ta jajaran Polda Lampung sejumlah 200 org.

Selaku pemberi materi yakni Kabid Bin dan Pemberhentian Pegawai Bok Usman (Materi PP Nmr 30 thn 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negri Sipil). Inspektorat Lampung Hamar Toni Ahadis (Penyampaian Materi PP Nmr 53 Thn 2010 tentang Disiplin PNS), Propam Polda Lampung, Kompol Suharto (Materi Mekanisme Penegakan Disiplin bagi ASN Polri di Polda Lampung, Kabag Dalpers Polda Lampung, AKBP Gajali Ahmad (Materi Pembinaan Karier bagi ASN Polri), Kasubbid Bankum BIDKUM Polda Lampung, AKBP I Made Kartika, (Materi Tata Cara Bantuan dan Nasehat Hukum di Lingkungan Polri).

PP No 30 Tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Peraturan Pemerintah, Penilaian Kinerja PNS ini mengatur antara lain substansi penilaian kinerja PNS yang terdiri atas penilaian perilaku kerja dan penilaian kinerja PNS, pembobotan penilaian SKP dan perilaku kerja PNS, pejabat penilai dan tim penilai kinerja PNS, tata cara penilaian, tindak lanjut penilaian berupa pelaporan kinerja,
pemeringkatan kinerja, penghargaan kinerja dan sanksi serta keberatan, dan sistem informasi kinerja PNS.

Keberhasilan dari pelaksanaan Sistem Manajemen Kinerja PNS dalam Peraturan Pemerintah ini sangat tergantung kepada pelaksanaan sistem-sistem lain yaitu pelaksanaan rencana strategis Instansi Pemerintah, rencana kerja tahunan, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, dan uraian jabatan.

Ketentuan tentang penilaian kinerja PNS dalam Peraturan
Pemerintah ini secara mutatis mutandis dapat digunakan untuk penilaian kinerja calon pegawai negeri sipil.

PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Merupakan Pedoman dalam menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas serta dapat mendorong PNS untuk lebih produktif berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Peraturan Pemerintah tentang disiplin PNS ini antara lain memuat kewajiban, larangan, dan hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan kepada PNS yang telah terbukti melakukan pelanggaran. Penjatuhan hukuman disiplin dimaksudkan untuk membina PNS yang telah melakukan pelanggaran, agar yang bersangkutan mempunyai sikap menyesal dan berusaha tidak mengulangi dan memperbaiki diri pada masa yang akan datang.

Dalam sambutannya, Kapolda Lampung yang disampaikan Waka Polda Lampung mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah hadir dan bersedia untuk membagikan ilmu kepada para peserta Sosialisasi Terkait PP Nmr 30 Thn 2019 dan PP Nmr 53 Tahun 2010 dengan pertimbangan bahwa PNS Polri adalah Bagian yang tidak terpisahkan dari organisasi Polri. (rls)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed