Oktober, DPRD Target Selesaikan 2 Raperda Jadi Perda

Cakrawala Lampung (CL) - DPRD menargetkan dapat menyelesaikan pembahasan dua rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi peraturan daerah (perda). Perda tata kelola hasil pengelolaan ikan dan perda retribusi mempekerjakan pekerja asing.

"Target kita pertengahan Oktober bisa mengesahkan dua raperda menjadi perda. Sisanya empat raperda akan kita selesaikan di 2015 ini. Untuk raperda inisiatif hampir 100 persen diselesaikan di 2015," kata Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi, di ruang kerjanya, Jumat (25/9).

Disamping itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga mengungkapkan, Senin (28/9), pihaknya akan menggelar paripurna penyampaian 13 raperda 2016 pada Senin (28/9).

"Senin kita gelar paripurna penyampaian 13 raperda," ujar dia.

Sebelumnya Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) beserta bagian hukum Pemerintah Kota Bandarlampung, Dinas Pendapatan Daerah, kementerian hukum dan HAM serta staf ahli tengah mempersiapkan 13 rancangan peraturan derah (Raperda).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Bandarlampung Imam Santoso mengatakan, 13 raperda itu terdiri dari 6 dari eksekutif dan 7 raperda inisiatif. Raperda dari eksekutif diantaranya raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2015, raperda perlindungan pengelolaan lingkungan hidup, raperda rencana pembangunan jangka menengah, dan raperda pola angkutan umum dalam kota.

Sedangkan raperda inisiatif, lanjut dia, diantaranya raperda perubahan perda nomor 08 tahun 2000 tentang penyelenggaraan kepariwisataan, raperda tentang kawasan dilarang merokok, raperda tentang bahaya penyakit menular, raperda penataan menara telekomunikasi, raperda PD Pasar, pengelolaan taman, pemakaman dan lampu jalan dan raperda tentang pemberantasan buta huruf alquran.

“Selanjutnya raperda ini akan kita laporkan ke ketua DPRD. Kemudian dibawa dan dibahas di badan musyawarah untuk diagendakan pembahasannya di rapat paripurna. Apakah raperda ini disetujui atau tidak,” ungkapnya. (ben)
Share:

Politik

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog