Waduh, di Tuba Barat 678 Terduga TB, 1 Penderita Meninggal Dunia

Cakrawala Lampung (CL) - Penyakit TBC atau tuberculosis (TB) adalah salah satu penyakit menular yang menjadi masalah utama kesehatan masyarakat. 

Koordinator pelaksana TB Care Aisyiyah Tulang Bawang Barat (Tuba Barat) Novi Misriyanti, S Kep usai kegiatan monitoring dan evaluasi kader Community TB Care Tuba Barat, Rabu (14/10l mengatakan, saat ini jumlah terduga penderita TB di Tuba Barat cukup besar yaitu 678 terduga TB dan yang positip terkena penyakit menular TB 92 orang, sembuh 32, dan yang meninggal dunia 1 orang. Selain itu, yang menerima hasil tes HIV 6 orang.

Data tersebut, lanjutnya, diperoleh relawan Community TB Care yang berjumlah 48 orang yang tersebar di enam Kecamatan yaitu Kecamatan Tumijajar, Tulang Bawang Tengah, Tulang bawang Udik, Gunung Terang, Lembu kibang, dan Way Kenanga.

Para relawan tersebut, jelas dia, melakukan sosialisasi atau melakukan penyuluhan secara mandiri maupun berkelompok, menganjurkan dan mendampingi orang terkena TB untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas. Serta mendampingi pengawas (orang terdekat yang mengawasi pasien meminum obat sampai sembuh) dalam mengawasi pasien meminum obat. 

"Karena orang yang tekena TB harus rutin meminum obat. Penyebarannya penyakit menular ini sangat mudah yaitu bisa melaui udara yaitu batuk atau bersin si penderita yang telah positif terkena TB dan dihirup oleh orang yang berada disekitar orang penderita tersebut maka akan tertular TB juga," ujarnya.

Dia menambahkan, penanggulangan penularan penyakit TB ini perlu ada dukungan dari semua pihak. Baik itu eksekutif ataupun legislatif serta ormas, karena penyebaran penyakit ini sangat membahayakan. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog