Hernowo: Hasil Pemeriksaan Kesehatan Tidak Bisa Gugurkan Pencalonan

BANDARLAMPUNG (CL) - Hasil pemeriksaan tim kesehatan terhadap 58 calon kepala daerah (calon kada) yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah di 8 kabupaten/kota beberapa waktu lalu tidak bisa menggugurkan pencalonan. Terkecuali calon kada terdeteksi mengidap penyakit jantung berat.

Demikian disampaikan Mantan Ketua IDI Lampung Hernowo saat dihubungi cakrawalalampung.com, Senin (16/11).

"Semua penyakit calon terdeteksi pada saat pemeriksaan kesehatan calon. Seperti terdapat diabetes, kolestrol dan penyakit lainnya. Karena pemeriksaan kesehatan melalui uji laboratorium," kata Hernowo.

Kendati demikian, kata Hernowo, berbagai penyakit yang terdeteksi pada saat pemeriksaan kesehatan itu tidak bisa menggugurkan pencalonan.
"Kecuali calon terdeteksi penyakit berat seperti mengidap penyakit jantung berat yang dapat menghambat pencalonan. Itu baru kita pertimbangkan hasil kesehatannya. Atau pada saat pemeriksaan kesehatan, calon menggunakan alat penyangga seperti tongkat," jelasnya.

Ditambahkanya, setelah pemeriksaan kesehatan, tim menyerahkan rekomendasi ke KPU. Namun rekomendasi hanya menyatakan calon memenuhi persyaratan hasil kesehatan dan pencalonan.

"Kita tidak mengirimkan detail hasil pemeriksaan kesehatannya. Hanya menyatakan calon memenuhi syarat kesehatan dalam pencalonan atau tidak. Yang namanya ajal manusia tidak ada yang tahu. Hanya saja calon diimbau untuk menjaga kesehatannya," ungkapnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed