Prio Wafat, Pencalonan Erwin Arifin di Lamtim Terancam Gugur

BANDARLAMPUNG (CL) – Pencalonan Erwin Arifin sebagai calon bupati Lampung Timur (Lamtim) terancam. Ini lantaran Prio Budi Utomo yang tak lain calon wakil bupati yang menjadi pasangannya di pemilihan bupati Lamtim menghembuskan nafasnya terakhir di RS Urip Sumoharjo, Rabu (4/11).

Komisioner KPU Lampung Muhammad Tio Aliansyah saat dihubungi cakrawalalampung.com, Rabu (4/11), mengatakan, pencalonan Erwin Arifin sebagai calon bupati Lamtim terancam pasca wafatnya Prio Budi Utomo.

Menurut Tio, merujuk peraturan KPU nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota pasal 83 ayat 1 yang menyatakan, dalam hal pada saat dimulainya kampanye sampai dengan hari pemungutan suara terdapat pasangan calon yang berhalangan tetap, tetapi masih terdapat 2 (dua) pasangan calon atau lebih, KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP kabupaten/kota melanjutkan tahapan Pemilihan.

Ayat (2), calon atau pasangan calon yang berhalangan tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan gugur dan tidak dapat diajukan calon atau pasangan calon pengganti. Kemudian ayat (3), calon atau pasangan calon yang dinyatakan gugur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan keputusan KPU provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP
kabupaten/kota.

“Berhalangan tetap itu artinya meninggal dunia atau tidak dapat menjalankan fungsinya pada masa kampanye sampai hari H pemungutan suara. KPU segera membuat keputusan terkait pasangan calon yang berhalangan tetap. Pencalonan Erwin terancam gugur karena masih ada dua pasangan calon bupati lagi di Lamtim. Kita juga merujuk UU nomor 8 tahun 2015 pasal 54,” kata Tio.

Ketua KPU Lamtim Andri Oktavia saat dihubungi, Rabu (4/11) mengatakan, belum bisa mengambil keputusan karena masih dalam tahap pembahasan di KPU Lampung.

“Pada saat mengambil keputusan kita tidak ingin menimbulkan polemik. Sekarang saya masih di KPU provinsi lagi membahas hal ini. Yang pasti KPU Lamtim turut berduka cita atas wafatnya Prio Budi Utomo,” ujarnya. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog