Terancam Gugur Sebagai Calon Bupati, Besok Erwin Arifin Akan Gugat ke MK

BANDARLAMPUNG (CL) – Calon Bupati Lampung Timur (Lamtim) Erwin Arifin akan mengajukan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait peraturan KPU nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota. Dimana di dalam pasal 83 ayat 1 menyatakan, dalam hal pada saat dimulainya kampanye sampai dengan hari pemungutan suara terdapat pasangan calon yang berhalangan tetap, tetapi masih terdapat 2 (dua) pasangan calon atau lebih, KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP kabupaten/kota melanjutkan tahapan Pemilihan.

Ayat (2), calon atau pasangan calon yang berhalangan tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan gugur dan tidak dapat diajukan calon atau pasangan calon pengganti. Kemudian ayat (3), calon atau pasangan calon yang dinyatakan gugur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan keputusan KPU provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP kabupaten/kota.

Liassion Officer (LO) Calon Bupati Lamtim Erwin Arifin, Marindro mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data untuk menyusun materi gugatan uji materi ke MK. Menurut dia, gugatan ke MK ini menggunakan pengecualian karena yang namanya kematian adalah takdir yang tidak dapat terelakkan.

“Jadi tidak serta merta dinyatakan gugur sebagai calon bupati. Untuk menuju pilkada ini kan harus mempersiapkan materi dan non materi. Besok kita akan kita ajukan gugatannya ke MK. Kita juga sudah mengajukan calon pengganti Prio Budi Utomo ke DPP PDIP dan PKS. Untuk kuasa hukum di MK masih kita konsultasikan dengan Pak Erwin Arifin,” ungkapnya, Kamis (5/11). (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed