Tidak Serahkan Laporan Dana Kampanye, Pasangan Calon Bakal Dicoret Dari Pencalonan

BANDARLAMPUNG (CL) - Pasangan calon kepala daerah (calon kada) dapat dicoret sebagai calon kada jika tidak menyerahkan laporan penggunaan dana kampanye pada 6 Desember mendatang.

Komisioner KPU Lampung divisi hukum M. Tio Aliansyah mengatakan, KPU akan mengklarifikasi penggunaan dana kampanye pasangan calon kada di 8 kabupaten/kota. Dimana laporan dana kampanye meliputi uang, barang dan jasa.

“Jika sampai 6 Desember mendatang tidak melaporkan penggunaan dana kampanye, calon bisa dicoret dari pencalonan,” kata Tio usai workshop pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati atau wakil bupati dan walikota atau wakil walikota yang digelar di Hotel Grand Anugerah, Kamis (12/11).

Tio menjelaskan, dana kampanye yang meliputi uang, barang atau jasa itu diantaranya seperti jika calon mengadakan even tertentu dengan menggandeng sebuah even organizer. Artinya, calon harus melaporkan berapa biaya yang digunakan calon untuk menyelenggarakan sebuah acara. Selain itu, calon juga harus melaporkan dana yang digunakan untuk honor para relawan yang turut melakukan kampanye calon.

“Seperti honor untuk relawan yang membagikan stiker calon juga harus dilaporkan dalam laporan penggunaan dana kampanye. Kita juga sudah meminta KPU kabupaten/kota untuk melaporkan kejelasan atau keberadaan kantor akuntan publik,” jelasnya.
Ditambahkannya, dana kampanye calon dapat disimpan di rekening pasangan calon atau gabungan partai politik pengusung atau pendukung calon. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed