Dalam Hitungan Jam, Rakata Institute Bisa Ketahui Hasil Pilkada 8 Kabupaten/Kota

BANDARLAMPUNG (CL) – Lembaga survei dan hitung cepat Rakata Institute satu – satunya lembaga survey yang mendapatkan ijin 8 KPU kabupaten/kota di Lampung yang melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) 2015.

Direktur Eksekutif Rakata Institute, Eko Kuswanto mengatakan, pihaknya akan melakukan hitung cepat pada Rabu (9/12) di delapan kabupaten/kota yaitu Bandarlampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Eko mengungkapkan, di dalam hitung cepat itu pihaknya menurunkan 538 relawan untuk bertugas di 538 tempat pemungutan suara yang tersebar di 8 kabupaten/kota (Lihat tabel).

“Kita menggunakan metode stratified random sampling dengan mempertimbangkan memperhatikan jumlah penduduk di masing – masing kecamatan di 8 kabupaten/kota tersebut,” kata Eko dalam siaran pers yang diterima cakrawalalampung.com, Selasa (8/12).

Ekon menjelaskan, di dalam hitung cepat itu akan menghasilkan perolehan suara setiap calon kepala daerah dan tingkat partisipasi pemilih di 8 kabupaten/kota.

“Memang ini bukan hasil resmi KPU. Tapi hasil perhitungan cepat ini akan menjadi rujukan masyarakat pada saat hari pencoblosan. Dalam beberapa jam setelah selesai perhitungan suara di TPS, kita sudah bisa mengetahui pemenang pilkada,” ungkapnya.

Dijelaskannya, 538 relawan yang tersebar di 8 kabupaten/kota itu akan mengirimkan data yang kemudian akan ditabulasi oleh 40 relawan di pusat data yang bertempat di Hotel Horison, Bandarlampung. Tabulasi akan dimulai sekitar pukul 13.30 – 14.30 WIB. Diperkirakan masyarakat sudah bisa mengetahui hasil pilkada pada pukul 15.00 WIB

Ditambahkannya, pihaknya secara resmi akan merilis hasil hitung cepat mulai pukul 15.00 WIB yang disemarakkan atraksi seni dari pelajar sekolah dasar dari SD persit yang juara solong song Provinsi Lampung. Paduan suara mahasiswa Universitas Lampung (juara festival paduan suara internasional yang terakhir tampil di Spanyol), dan ‘Cethik Pring’ atraksi alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari bambu.

“Hitung cepat akan diselingi acara yang memadukan politik, sains, dan seni yaitu 8 panggung Lampung. Acara ini akan memadukan rilis hasil Hitung Cepat yang diperoleh dari kerja ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Sejak 2008 – 2014 Rakata Institute sudah 17 kali mengadakan hitung cepat. Terakhir melakukan hitung cepat pada pemilihan presiden 2014. Yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan serta cepat publik hanya beberapa jam setelah proses perhitungan suara selesai,” pungkasnya. (*/ben)

 
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed