12 Oktober 2016

​Soal Kasus Pengeroyokan Fasni Bima, Polda Lampung Pekan Depan Gelar Perkara di Bareskrim Mabes Polri

setialampung.com - Direktur Kriminal Umum Polda Lampung Kombes Zarialdi mengatakan, pihaknya akan melakukan gelar perkara atas kasus pengeroyokan terhadap Ketua Satgas AMPG Bandarlampung Alfasni Abdul Hamid yang terjadi di depan kantor DPD I Partai Golkar Lampung, Kamis (15/9) lalu. Gelar perkara akan dilakukan di Bareskrim Mabes Polri pada Selasa (18/10).

"Gelar perkara ini untuk menguatkan, apakah ini memenuhi unsur pidana atau tidak. Kita harus berhati - hati dalam artian kita harus dudukan dulu hukumnya. Jangan sampai salah," katanya ketika di temui di ruang kerjanya, Selasa (11/10).

Setelah gelar perkara, jelasnya, langkah berikutnya yaitu Bareskrim Polri mengirimkan surat ke Mendagri untuk meminta persetujuan pemeriksaan terhadap ketiga tersangka.

Kemudian lanjutnya, Polda Lampung akan melakukan pemeriksaan terhadap ketiga tersangka yaitu JC, AY dan MR secara berbarengan. Ini karena kasus yang disangkakan adalah melanggar pasal 170 yaitu melakukan pengeroyokan secara bersama - sama.

"Begitu surat dari Bareskrim sudah diterima oleh kemendagri dan ada tanda terimanya. Terhitung 30 hari setelah surat diterima kemendagri, kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap ketiga tersangka," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah mengantongi izin dari gubernur Lampung untuk melakukan pemeriksaan terhadap tersangka anggota DPRD Pesawaran berinisial JC. Kendati demikian pemeriksaan baru akan dilakukan setelah gelar perkara di mabes polri secara bersamaan dengan tersangka lainnya yaitu AY dan MR.

"SOP nya jika melakukan pemeriksaan terhadap anggota DPRD kabupaten/kota harus ada izin dari gubernur. Sedangkan bagi anggota DPRD provinsi harus minta persetujuan dari mendagri," ungkapnya. (ben)

Label: , , , , ,