21 Oktober 2016

​Wakil Ketua LPSK, Lili : Pasca Bambang Ditetapkan sebagai Tersangka, Pengamanan Terhadap 10 Anggota DPRD Tanggamus Lebih Intensif

setialampung.com - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Lili Pintauli Siregar mengatakan, pasca ditetapkannya Bupati Tangamus Bambang Kurniawan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), LPSK akan lebih intensif memberikan pengamanan terhadap para anggota dewan yang melaporkan dugaan gratifikasi ke KPK.

"Ya, kami sudah dengar kalau Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Oleh karena itu, kami akan memberikan pengamanan lebih intensif lagi terhadap 10 anggota DPRD Tanggamus yang melaporkan dugaan gratifikasi ke KPK," katanya kepada setialampung.com, Jumat (21/10).

Menurut Lili, justru setelah penetapan tersangka oleh KPK inilah potensi ancaman terhadap anggota dewan yang mengungkap dugaan gratifikasi ke KPK lebih besar. Dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPK terkait waktu dan lokasi pemeriksaan terhadap anggota dewan yang mengungkap dan melaporkan adanya dugaan gratifikasi tersebut.

"Pemeriksaan terhadap saksi, waktu dan tempatnya masih dikoordinasikan. Apakah pemeriksaan saksi dilakukan di Lampung atau di Jakarta. Pastinya kami memberikan perlindungan lebih ketat lagi kepada 10 anggota dewan Tanggamus tersebut. Bisa jadi yang akan diperiksa sebagai saksi jumlahnya lebih dari 10 anggota DPRD," ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam dua pekan kedepan, LPSK akan menurunkan tim ke Lampung untuk berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk koordinasi terkait pengamanan terhadap anggota DPRD Tanggamus yang mengungkap dugaan gratifikasi tersebut.

"Pengamanan diberikan untuk enam bulan kedepan. Pengamanan bisa diperpanjang lagi. Karena potensi atau adanya indikasi ancaman terhadap anggota dewan yang mengungkap dugaan gratifikasi itu justru terjadi setelah penetapan tersangka dan setelah putusan KPK," pungkasnya. (ben)

Label: , ,