​Gubernur Lampung Ridho Ficardo Dukung Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat

setialampung.com - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi inspektur upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke - 52 yang digelar di Lapangan Saburai, Bandarlampung, Kamis (17/11).

Menteri Kesehatan Nila Moelek dalam sambutannya yang disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan,
HKN ke - 52 mengusung tema Indonesia Cinta Sehat dan dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan -pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga dengan bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

"Sehingga kedepan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia kuat," ujarnya.

Dilanjutkannya, pada 15 November 2016 di Bantul, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat dengan GERMAS. Yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama - sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Tujuan GERMAS ini yaitu agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih. Sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang. Kegiatan GERMAS hidup sehat diantaraya dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Pelaksanaan GERMAS harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat," kata Ridho.

Dalam sesi wawancara dengan awak media, Ridho mengungkapkan, salah satu yang menjadi perhatiannya adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Lampung. Kedua Hal tersebut merupakan sebuah rantai yang saling berkaitan dalam peningkatan kualitas manusia yang ada di Lampung.

"Yang terpenting masyarakat memiliki kesehatan dan gizi yang cukup. Makanya kita pantau terus karena ada beberapa yang cukup mengkhawatirkan dan terus diupayakan peningkatannya. Kesehatan merupakan hal fundamental dan dibarengi pendidikan. Jadi, kesehatan dan pendidikan merupakan program satu kesatuan. Kalau terkait gizi sudah bagus, kesehatan bagus pendidikan akan lebih cepat meningkatnya. Kalo kurang gizi dan sakit - sakitan bagaimana anak mau pintar. Makanya kita kesinambungkan kedua hal tersebut," pungkasnya. (*/ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed