​Kesrak PKK, KB dan Kesehatan, Lampung Berhasil Raih Prestasi Tingkat Nasional

setialampung.com - Ketua tim penggerak PKK Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengatakan, pada perhelatan Kesatuan Gerak PKK -KB - Kesehatan (Kesrak PKK - KB -Kesehatan) tahun 2015/2016 tingkat nasional, Lampung berhasil meraih prestasi. Prestasi tersebut diantaranya PAKARTI UTAMA I untuk lingkungan bersih dan sehat/LBS (kategori kabupaten) Kabupaten Lampung Selatan, PAKARTI UTAMA II untuk Kesatuan Gerak PKK - KB -Kesehatan (kategori kabupaten) Kabupaten Pringsewu. Untuk Posyandu (kategori kabupaten) Kabupaten Tulangbawang. PAKARTI UTAMA III untuk Posyandu (kategori kota) Kota Metro. PAKARTI MADYA II untuk lingkungan bersih dan sehat/LBS (kategori kota) Kota Bandarlampung.

"Ini merupakan tantangan bagi kita untuk berhasil lebih baik lagi pada evaluasi/lomba tingkat nasional tahun 2017. Terlebih lagi Lampung akan menjadi tempat penyelenggaraan peringatan Hari keluarga tingkat nasional tahun 2017," kata Yustin saat menghadiri lomba kesatuan gerak PKK - KB - Kesehatan dan penilaian kegiatan PKK di Desa Mulya Sari, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Senin (28/11).



Yustin mengungkapkan, penilaian Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2016 ini meliputi empat jenis kegiatan yaitu pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik PHBS di rumah tangga, dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat. Penilaian dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. 
Yustin Ficardo menjelaskan, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan bakti sosial TNI -KB - Kesehatan Terpadu sampai bulan Oktober. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan pada Oktober sampai Desember. Berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November 2016, Hari Kesatuan Gerak PKK yang sekarang ditetapkan menjadi tanggal 4 Maret serta Hari Keluarga tanggal 29 Juni.

Pada kesempatan tersebut Yustin Ficardo berharap, melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini dapat mendorong keberhasilan sosialisasi tentang penanggulangan kanker serviks/leher rahim, yang dapat terlihat dari banyaknya kaum perempuan yang mengetahui tentang kanker serviks dan cara penanggulangannya serta peningkatan jumlah yang melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual leher rahim dengan Asam asetat).

"Dengan dukungan keterpaduan lintas sektoral, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan - kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa. Dengan para kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama. Alhamdulillah Lampung mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Keluarga Nasional Tahun 2017. Mari kita semua bergandengan tangan mempersiapkan diri agar dapat menjadi tuan rumah yang baik di ajang nasional tahun depan," pungkasnya di dalam acara yang juga dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua Tim Penggerak PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi, Istri Danlanal Lampung, Camat Way Ratai dan jepala Desa Mulya Sari ini. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog