Langsung ke konten utama

​Malam Ini Welcome Party, Besok Ridho Ficardo Buka Raida V

setialampung.com - Area bumi perkemahan kwartir daerah gerakan pramuka di Rajabasa, Bandarlampung, dipadati para pramuka panegak dan pandega se-Lampung. Kedatangan mereka ini guna menyelenggarakan Raimuna Daerah V (Raida) atau kegiatan pesta pramuka yang akan berlangsung sejak 17 hingga 24 Desember 2016 mendatang.

Wakil Ketua I Bidang Binaan Anggota Muda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung, Catur Agus Dewanto mengatakan, sejak Senin (19/12) pagi hingga malam hari ini, seluruh kontingen dari kabupaten/kota masih melakukan beberapa persiapan. Seperti membenahi masing-masing stand pameran hingga tempat perkemahan.

"Insya Allah malam ini seluruh peserta sudah lengkap. Yang terakhir datang hari ini adalah rombongan kontingen terkecil dari Pesisir Barat dan yang pertama datang adalah kontingen Lampung Barat yaitu pada 16 Desember lalu," kata Agus, ditemui di lokasi bumi perkemahan pramuka.

Agus menuturkan, puncak acara malam ini akan diramaikan dengan penampilan artis asal Lampung yakni LO Band, Kiki the Poters, Andika eks Kangen Band.

"Malam ini adalah welcome party untuk seluruh kontingen yang hadir. Tidak jauh-jauh, artis ibukota asal daerah sendiri yang menghibur panegak dan pandega," ujarnya.

Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Lampung Bambang Setiawan menjelaskan, acara welcome party malam ini akan dihadiri langsung oleh seluruh unsur pimpinan Kwarda, Kwancab, dan peserta Raida V.

Untuk persiapan pembukaan secara resmi pada Selasa (20/12), yang dibuka langsung oleh Ka Mabida M Ridho Ficardo, sambung Bambang, sudah dilakukan persiapan secara matangmulai dari gladi hingga kedatangan protokol Gubernur Lampung guna mengecek segala persiapan esok.  

"Kami berharap acara pembukaan Raida V bisa berjalan sesuai dengan rencana," tukas Bambang.

Selain melakukan persiapan welcome party, terlihat suasana para panegak dan pandega malam ini meneriakan yel-yel  baik dalam bentuk tepukan hingga nyanyian. Menurut Bambang, yel itu guna memberikan semangat. Karena, nanti seluruh kontingen akan menampilkan pameran dari masing-masing daerah.

"Untuk esok malam (20/12), akan diadakan juga pentas seni dengan tema kontemporer yaitu menceritakan asal mula setiap daerah," imbuhnya

Dirinya melanjutkan, suasana malam ini sangat luar biasa. Pasalnya, seluruh kontingen peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Raida V.

"Selain 4500 peserta yang terdaftar mengikuti Raida V. Dari pantauan tim kami, acara ini juga melibatkan 1000 peserta di luar yang resmi. Jadi total ada 5.500 peserta malam ini," urainya.

Masih katanya, besok pemateri dari Unicef Indonesia, MOV Indonesia, sutradara Film Surat Kecil untuk Tuhan, selain itu ada juga dari ketua Gerakan Anti Narkoba Asia Fasifik dari Australia akan memberikan materinya.

Berita Populer

Senin, KPU Lampung Rapat Pleno, Salah Satunya Bahas Dugaan Kasus Jual Beli 'Kursi Komisioner KPU'

Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung belum menerima tembusan atau laporan resmi tertulis terkait dugaan kasus jual beli 'kursi komisioner KPU' yang saat ini menjadi sorotan media dan publik. Dimana diduga kasus ini melibatkan oknum komisioner KPU.

"Ya akan kita pelajari secara komprehensif kebenarannya. Karena di KPU Lampung belum ada laporan resmi tertulis atau tembusan laporan, tetapi kita tetap mempelajarinya," kata Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami melalui pesan whatsapp kepada setialampung.co.id, sabtu (9/11).

Saat ditanya apakah dirinya sudah mengkonfirmasi langsung kebenaran kasus ini kepada oknum komisioner KPU yang diduga terlibat jual beli kursi komisioner KPU tersebut, Erwan menuturkan, pihaknya sedang mempelajari kebenarannya secara komprehensif.

"Ya, kan lagi kita pelajari kebenaran secara komprehensif. Senin, KPU Lampung akan menggelar rapat pleno rutin dan salah satu pembahasan dalam pleno nanti adalah informasi pemberitaan ini,&quo…

Dinamika dan Tantangan Demokrasi di Indonesia Harus Dikelola dengan Baik

setialampung - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, rabu (4/7/2018), memberi ceramah di hadapan para perwira TNI di Sekolah  Staf Komando TNI (Sesko TNI) di Bandung, Jawa Barat. Dalam ceramahnya, mantan sekretaris jenderal PDIP itu banyak mengulas soal dinamika dan tantangan demokrasi di tanah air.


Menurut Tjahjo, dalam setiap pelaksanaan demokrasi di mana juga, termasuk di Indonesia, pasti ada dinamikanya. Dinamika demokrasi mulai terasa ketika tibanya tahapan kontestasi politik. Dinamika paling terasa menguat ketika dimulainya tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 2014.

"Dinamika politik juga terasa ketika penyusunan untuk regulasi pilkada dimulai," kata Tjahjo.


Tjahjo memahami, dinamika terasa karena setiap partai berkepentingan terhadap kontestasi politik yang akan digelar. Tentu, ada tarik menarik kepentingan. Namun itu semua, demi untuk membangun sistem demokrasi di Indonesia. Tahun 2015, Indonesia berhasil menggelar hajatan pilkada serentak tahap pert…

Terkait Pengaduan Dugaan Jual Beli Kursi Komisioner KPU, DKPP Minta Alat Bukti

Bandarlampung - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) membenarkan telah menerima pengaduan terkait dugaan jual beli kursi komisioner KPU di Lampung.

Kabag Humas, Data dan Informasi DKPP, Ashari membenarkan pengaduan terkait hal tersebut sudah diterima oleh DKPP melalui email.

"Namun, untuk alat buktinya harus dikirimkan melalui pos atau dikirimkan langsung ke DKPP untuk diverifikasi," kata Ashari melalui pesan whatsapp kepada setialampung.co.id,  minggu (10/11).

Namun saat ditanya siapa nama pengadu dan teradu terkait hal ini, Ashari enggan menyampaikannya.

"Maaf belum bisa kita keluarkan datanya pak," ujarnya.

Anggota DKPP, Teguh Prasetyo melalui pesan whatsapp kepada setialampung.co.id, minggu (10/11) menuturkan, laporan ke DKPP bisa disampaikan melalui surat atau email.

Direktur LBH Bandarlampung, Chandra Muliawan mengatakan, kasus ini sudah dilaporkan ke DKPP melalui surat elektronik pada 6 November 2019 dan pihaknya telah memperbaiki laporannya pada 7 …