​Ini 58 Senpi Hasil Sitaan Wilayah Hukum Polda Lampung

setialampung.com - Polda Lampung memperlihatkan 58 pucuk senjata api berbagai jenis hasil sitaan Ditreskrimum Polda Lampung dan jajaran dari berbagai kasus kejahatan terutama C3.

"Ini merupakan bagian dari peredaran senpi rakitan di wilayah Polda Lampung. Kebanyakan dipakai pelaku tindak pidana C3. Terutama curanmor atau begal. Jadi pelaku tinggal cari amunisi. Total ada 58 senpi hasil penindakan yang sejauh ini disita dari pelaku kejahatan, " kata Kapolda Lampung Irjen Pol. Sudjarno kepada awak media dihalaman Ditreskrimum Polda Lampung, Sabtu (31/12).



58 senpi tersebut terdiri dari delapan senpi gagang panjang dan 50 senpi gagang pendek. Polres Lampung Tengah memegang tangkapan senpi terbanyak dengan 34 pucuk. Diikuti Polda Lampung 12 pucuk, Polres Way Kanan tiga pucuk, Polres Tulang Bawang tiga pucuk, Polres Lampung Utara dua pucuk, Polres Lampung Timur dua pucuk, Polres Tanggamus satu pucuk dan Polresta Bandar Lampung satu pucuk. Selain senpi, diperlihatkan juga 14 tersangka yang menggunakan senpi dalam beraksi.

"2017 Polda Lampung dan jajaran memperbanyak langkah penegakan hukum untuk peredaran senpi. Kemudian kami koordinasi dengan Polda Sumatera Selatan untuk mengatasi bersama peredaran senpi rakitan ini. Karena produksi senpi ini diedarkan ke Lampung dan Sumatera Selatan. Langkah lain bagaimana penindakan dan pencegahan juga dipertimbangkan untuk kurangi senpi yang beredar di Lampung," jelas Sudjarno.

Selanjutnya jika senpi sitaan tersebut sudah mendapat kekuatan hukum yang tetap, maka akan dimusnahkan. "Melihat banyaknya senpi yang beredar, artinya pasokan amunisi memang ada. Kami sedang mendalami bagaimana peredaran amunisi ini. Yang pasti, amunisi milik Polda Lampung terdata. Amunisi yang keluar dipakai buat latihan atau dalam operasi kemudian berapa yang masuk itu ada catatannya," argumen Sudjarno saat ditanya awak media senpi marak karena peluru juga gampang didapat. (*/ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog