Agustus 2018, panwaslu berubah jadi bawaslu kabupaten/kota

Ketua Bawaslu RI, Abhan. Foto: Profil WA


setialampung - Berdasarkan undang - undang (UU) no.7/2017, panwaslu kabupaten/kota akan berubah status dan nama menjadi Bawaslu kabupaten/kota.

"Berdasarkan UU tersebut, panwas kabupaten/kota akan menjadi Bawaslu yang bersifat permanen dengan masa tugas lima tahun," kata Ketua Bawaslu RI, Abhan kepada setialampung.co.id, Sabtu (23/9).

Abhan menjelaskan, wewenang dan tugas Bawaslu kabupaten/kota nantinya diantaranya melakukan pencegahan pelanggaran, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses.

"UU mengamanatkan selambat - lambatnya 1 tahun sejak UU tersebut diundangkan. Artinya selambatnya Agustus 2018 harus sudah selesai pembentukan Bawaslu kabupaten/kota," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoriyah mengatakan, dengan berubahnya panwaslu menjadi bawaslu kabupaten/kota, akan tercipta posisi yang equal (setara) secara kelembagaan, antara KPU kabupaten/kota dengan pengawas pemilu.

"Tentu akan semakin memaksimalkan pengawasan. Kami masih menunggu keputusan bawaslu RI, karena semua di bawah bawaslu RI," ungkapnya. (ben)

Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed