Dinas dan website PMD dinilai minim publikasi program gerbang desa




setialampung - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lampung dinilai minim dalam mempublikasikan program Gerbang Desa Saburai yang juga dikelola oleh PMD. Dinas PMD juga dinilai tidak memenuhi dampak skala prioritas dari penggunaan anggaran desa.

Sebab dampak skala prioritas itu sudah jelas menyebutkan bahwa di dalamnya ada infrastruktur desa, BUMD desa, pemberdayaan masyarakat, dan yang terakhir publikasi serta informasi.

Akademisi Universitas Lampung (Unila), Yusdianto menjelaskan, seharusnya dinas PMD dan desa ada sinkronisasi dalam hal menginformasikan apa yang sudah dihasilkan dalam penggunaan anggaran tersebut baik secara langsung maupun melalui website instansi.

"Artinya ada yang tidak sama disini. Desa itu melakukan petunjuk langsung dari dinas PMD, apa kata dinas, itu yang dilakukan desa. Justru desa melakukan perintah dari PMD. Nah, keseriusan PMD inilah yang kita harapkan dalam mengelola anggaran agar outputnya jelas," ungkapnya, Selasa (26/9).

Lanjutnya, dari sekian banyak penyelenggaraan program di desa, yang menjadi keharusan itu pada poinya adalah bagaimana memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat lalu melibatkan semua pihak.

"Apa yang dilakukan aparatur desa terhadap penggunaan anggaran desa sudah semestinya dipublikasikan secara terbuka dan meluas," tegasnya.

Dinas PMD sendiri sebagai salah satu atasan pemerintah di desa, ujarnya, bisa melakukan beberapa tindakan-tindakan yang disinyalir memaksa desa melakukan publikasi terhadap apa saja yang sudah mereka lakukan. Memaksa dalam artian mempersilahkan desa-desa menyampaikan apa yang sudah dilakukan terkait penggunaan anggaran.

"Gerbang Desa Saburai ini program pemprov Lampung dengan dana ratusan juta. Artinya, dengan dana besar maka sudah sepantasnya apa saja hal - hal yang sudah dihasilkan dari penggunaan anggaran desa. Harus ada yang namanya keterbukaan masing-masing pihak," ungkapnya. (tim)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed