Bawaslu Lampung sudah ketahui siapa saja di dalam video baiat


setialampung - Bawaslu Lampung melakukan penelusuran terkait dugaan oknum ASN yang ada di dalam video berdurasi 51 detik yang telah beredar. Dimana di dalam video tersebut, disinyalir oknum ASN sedang membaiat atau memimpin sumpah untuk memenangkan salah satu kandidat calon gubernur Lampung di pilgub 2018.

"Hasil penelusuran, kita sudah dapat informasi beberapa orang yang hadir di acara tersebut. Untuk memperjelas informasi terhadap apa yang terjadi di video, kita akan lakukan penelusuran lagi dengan melakukan klarifikasi. Untuk waktu, kita akan info selanjutnya," kata Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah melalui pesan WhatsApp kepada setialampung.co.id, minggu (15/10).

Sementara, Bupati Lampung Tengah, Mustafa belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. Pesan whatsapp dan sms dari setialampung.co.id, minggu (15/10), tidak mendapat balasan/jawaban sampai berita ini diturunkan.

Diketahui, Bawaslu Lampung menyayangkan indikasi atau dugaan adanya oknum ASN yang disinyalir melakukan baiat/sumpah kepada warga untuk memenangkan "seseorang".

"Terhadap beredarnya video oknum ASN yang diduga melakukan sumpah/baiat kepada warga untuk memilih dan memenangkan "seseorang", tentu kami sangat menyayangkan hal tersebut. Meskipun saat ini belum memasuki tahapan pencalonan gubernur," kata Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah melalui pesan WhatsApp, rabu (11/10).

Sebagai upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran netralitas ASN, lanjutnya, khususnya terkait pasal 71 (1) pejabat negara, pejabat daerah, pejabat ASN, anggota TNI/POLRI dan kepala desa atau sebutan lain, dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon (paslon).

"Kami akan melakukan penelusuran terhadap video tersebut, sehingga bisa diketahui siapa saja yang ada dalam video. Jika sudah didapat, kita akan melakukan klarifikasi terhadap pihak- pihak terkait untuk memperjelas peristiwa tersebut. Jika sudah memasuki tahapan, sanksi terhadap ketentuan pasal ini adalah sanksi pidana yaitu pasal 188," ungkapnya.

Sebelumnya beredar video berdurasi 51 detik yang diupload akun facebook, Achmad Huzairin pada 10 Oktober 2017 sekitar pukul 09:26. Di dalam video tersebut, diduga oknum ASN memimpin sumpah untuk memenangkan salah satu kandidat bakal calon gubernur Lampung. (ben)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed