Lampung paling siap di sumatera


setialampung - Dalam upaya mendalami pemasaran pariwisata, Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo menghadirkan Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya untuk berbagi ilmu di seminar strategi promosi pariwisata Lampung yang dilaksanakan di salah satu hotel berbintang, di Bandarlampung, senin (18/12).

Gubernur Ridho menyampaikan kebanggaan atas hadirnya tokoh marketing Hermawan Kertajaya.

"Seminar ini salah satu forum untuk merintis perjuangan Lampung sebagai daerah pariwisata unggulan di tingkat Nasional. Insya Allah banyak ilmu dari Pak Hermawan yang mampu diaplikasikan di Lampung," kata gubernur.

Saat ini, tambah Gubernur Ridho, Lampung sedang merintis dan memasarkan nilai - nilai daerah, agar mampu membawa kesejahteraan masyarakat.

"Sektor pariwisata berada pada bagian ketiga dalam program prioritas pembangunan Lampung. Namun bukan berarti urusan sektor pariwisata di tempatkan dibagian akhir. Semua sektor merupakan prioritas yang diutamakan," jelas Ridho.

Apa yang sedang dilakukan Lampung, jelas gubernur yang berhasi mengalahkan Bali dalam jumlah kunjungan wisatawan nusantara ini, untuk mempermudah akses dalam menarik pihak luar untuk datang ke Lampung.

"Prinsipnya membuat yang jauh merasa dekat dan yang dekat tidak merasa jauh. Ke depan Bandara Radin Inten II akan menjadi bandara internasional, jalan tol trans sumatera dan pembangunan dermaga eksekutif akan mampu meningkatkan pariwisata di Lampung," ungkapnya.

Saat ini, untuk mendukung transportasi udara, Lampung juga memperkuat penerbangan reguler dengan mengembangkan Bandara Taufik Kiemas. Infrastruktur di sekitar bandara sudah diperbaiki dan sedang dibangun.

Di depan Hermawan Kertajaya, Gubernur Ridho juga menjelaskan, strategi Lampung dalam pengembangan pariwisata tidak hanya mengandalkan faktor alam (sumber daya alam), tetapi juga atraksi pariwisata.

"Karena kalau hanya mengandalkan pantai, Indonesia terdiri dari belasan ribu pantai. Oleh sebab itu, kita harus mampu meningkatkan konten pariwisatanya. Seperti konten kebudayaan Lampung diantaranya tapis Lampung dan kopi Lampung yang mampu meningkatkan wisatawan ke Lampung. Selain itu, kita harus mampu meningkatkan fasilitas pendukungnya, sehingga akan mempermudah para investor dan wisatawan datang ke Lampung," ujarnya.

Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya menilai, apa yang dilakukan Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo dalam bidang pariwisata sudah benar. Salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur dan mempermudah akses wisatawan ke Lampung.

"Lampung ini istimewa karena memiliki konten kebudayaan yang luar biasa. Karena terdiri dari berbagai suku. Selain itu, masyarakat Lampung merupakan masyarakat yang siap menerima dan meningkatkan kepariwisataan," jelas Hermawan.

Dalam meningkatkan pariwisata, Hermawan menjelaskan, Lampung harus konsentrasi pada wisatawan lokalnya dahulu. Lebih dari itu, masyarakat Lampung merupakan masyarakat yang paling siap di sumatera dalam menerima wisatawan, karena heterogenitas masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, seperti Lampung, jawa dan bali.

"Selain fokus pada wisatawan lokal, Lampung harus memanfaatkan momentum. Seperti momentum asean games. Karena wisatawan asing selalu melakukan perencanaan saat akan pergi. Untuk itu Lampung harus mempersiapkan segalanya dalam menerima wisatawan di momentum tersebut. Juga harus mengupayakan agar mereka yang datang ke Lampung mampu turut serta dalam mempromosikan Lampung," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung, Budiharto menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas promosi pariwisata, meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki visi pariwisata modern. Serta mewujudkan sektor wisata sebagai sektor unggulan untuk kemajuan perekonomian daerah. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog