Polres Tanggamus Bersih - Bersih Sampah Pantai Kota Agung


Kapolres Tanggamus, AKBP. Hesmu Baroto saat memimpin apel bersama di ruang terbuka hijau Pantai Muara Indah, Kota Agung. 

Kota Agung - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Polres Tanggamus bersama Pemkab Tanggamus, Kodim 0424, TNI AL, Polair, Basarnas, Syahbandar, Pertamina, Bhayangkari, STMIK dan STEBI Kota Agung, pelajar dan organisasi pecinta alam serta masyarakat Kota Agung membersihkan sampah di Pesisir Pantai Kota Agung, kamis (21/2).

Kegiatan yang diikuti sekitar 500 orang itu didahului apel bersama yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Muara Indah, Kota Agung dengan dipimpin Kapolres Tanggamus, AKBP. Hesmu Baroto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Tanggamus, AM. Syafi'i, Kasdim 0424 Tanggamus Mayor Inf. Suhada Erwin, Kepala ATR/BPN, Sudarman dan Camat Kota Agung, Syarief Zulkarnaen.

Kapolres Tanggamus dalam sambutannya mengatakan, hari peduli sampah ke 14 tahun 2019 ini merupakan momentum pelaksanaan program bersih laut dan pantai. Dimana program tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Lampung.

Adapun visi kegiatan tersebut guna memberdayakan potensi seluruh masyarakat untuk wewujudkan laut bersih, dengan misi terwujudnya program bersih laut dan pantai secara berkesinambungan, serta penurunan jumlah sampah di laut maupun pantai.

"Sampah merupakan permasalahan yang ada di sekitar kita, acara pembersihan sampah ini diharapkan dapat memicu kepedulian masyarakat khususnya di sekitar pantai," kata kapolres.

Kapolres melanjutkan, dari kepedulian itu diharapkan dapat membentuk komunitas peduli laut dan sampah.

"Kami menghimbau masyarakat di daerah ini untuk memberikan solusi tentang sampah di wilayah masing-masing, sehingga tercipta budaya membersihkan pantai dan laut sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah Tanggamus," pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan bersih sampah, Kapolres secara simbolis menyerahkan alat kerja kepada perwakilan dari anggota TNI, Polres dan Basarnas Tanggamus.

Pembersihan pantai sendiri dimulai dari pesisir pantai RTH Muara Indah, kemudian kearah Barat di Muara Way Jelay, hingga ke Wilayah Timur Pantai Kapuran, termasuk diatas permukaan laut serta dasar laut pun turut disisir oleh tim gabungan Polair, TNI dan Basarnas.

Usai kegiatan sampah dikumpulkan dan dilakukan penimbangan. Berdasarkan hasil penimbangan, didapatkan sekitar 2 ton sampah, yang didominasi sampah plastik. Selanjutnya sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kota Agung Barat. (*)
Share:

SMSI LAMPUNG

SMSI LAMPUNG

Berita Populer

Recent Posts

Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Linkedin RSS Feed

Arsip Blog